3 Cara Mudah Seduh Kopi Vietnam yang Harum Nikmat

Devi Setya - detikFood Senin, 14 Sep 2020 06:00 WIB
Kopi Vietnam Foto: Istock
Jakarta -

Dari banyaknya teknik seduh kopi, salah satu yang populer adalah vietnamese drip. Teknik seduh kopi ini terbilang mudah dan hasilnya harum nikmat.

Sebutan kopi Vietnam sebenarnya merujuk pada teknik pembuatannya yang mengandalkan alat khusus. Sementara untuk jenis kopinya sendiri bisa menggunakan kopi apapun, tapi yang umumnya dipakai adalah jenis robusta. Kopi Vietnam bisa disajikan langsung ataupun diberi campuran susu kental manis. Kini kopi Vietnam versi dingin bahkan jadi favorit banyak orang.

Di Vietnam, masyarakat menyebut kopi ini "cà phê sữa nóng" yang artinya kopi hitam dengan susu. Sementara alat Vietnamese Dripper untuk membuatnya dikenal dengan sebutan "cà phê phin". Berdasarkan catatan sejarah, alat berupa tabung metal yang digunakan untuk membuat kopi Vietnam ini dibawa oleh orang Prancis yang datang ke Vietnam.

Penggunaan susu kental manis pada kopi Vietnam juga dikarenakan sulitnya mendapatkan susu segar pada zaman dahulu. Tradisi minum kopi dengan campuran susu kental manis ini dilakukan secara turun temurun hingga saat ini. Sekarang kopi Vietnam bahkan dikenal di banyak negara dan memiliki banyak penggemar.

Untuk membuat kopi Vietnam sebenarnya tidaklah sulit, kamu bisa menikmati segelas kopi nikmat di rumah. Modalnya hanya kopi bubuk, susu kental manis dan alat seduh Vietnamese dripper. Alat ini juga mudah didapat di toko online dengan harga terjangkau.

Berikut 3 cara mudah seduh kopi Vietnam di rumah.

1. Kopi Vietnam Original

Kopi Telur VietnamKopi Vietnam Foto: Thinkstock


Kopi Vietnam original ini dibuat menggunakan 100 persen bubuk kopi tanpa tambahan apapun. Biasanya digunakan kopi robusta dengan tingkat giling medium atau tidak terlalu halus. Gunakan bubuk kopi sekitar 15-20 gram tergantung ukuran cangkir yang digunakan.

Masukkan kopi bubuk pada tabung Vietnamese Dripper kemudian kunci menggunakan saringan metalnya yang memiliki lubang-lubang kecil. Tekan perlahan hingga bubuk kopi padat. Siapkan air panas, tuangi perlahan sampai batas tabung Vietnamese Dripper. Diamkan selama 4-5 menit sampai air menetes seluruhnya ke dalam cangkir atau gelas.

Kopi bisa langsung dinikmati hangat. Sebagai saran, suhu air yang direkomendasikan untuk menyeduh kopi dengan teknik ini adalah berkisar 88-90 derajat celsius.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]