5 Olahan Kentang ala Korea yang Enak, Potato Cheese Ball hingga Corn Dog

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 11 Sep 2020 10:30 WIB
Kreasi Kentang Ala Korea Foto: YouTube / Aaron and Claire
Jakarta -

Kentang bisa dikreasikan menjadi menu khas Korea supaya tak bosan. Seperti corn dog hingga gamja jeon atau pancake ala Korea.

Kentang merupakan jenis umbi-umbian yang kandungan karbohidratnya cukup tinggi. Dilansir dari Wilcox Goodness (10/9), dalam 100 gram kentang terkandung 15.4 gram karbohidrat. Karenanya kentang bisa bikin kenyang dan jadi pengganti nasi.

Selain disantap dengan cara digoreng atau dikukus, kentang bisa dijadikan beragam olahan yang menarik. YouTuber asal Korea Selatan dengan channel Aaron and Claire membagikan resep mudah kreasi kentang ala Korea.

Diantaranya jeon (pancake khas Korea), tumisan kentang untuk lauk, hingga corn dog yang jadi jajanan populer Korea. Kelima kreasi kentang ala Korea ini sangat mudah dibuat dan tentunya lezat.

Berikut 5 kreasi kentang ala Korea yang mudah dibuat.

1. Pancake Kentang (Gamja Jeon)

Kreasi Kentang Ala KoreaKreasi Kentang Ala Korea Foto: YouTube / Aaron and Claire

Pancake biasanya dihidangkan sebagai dessert atau menu sarapan. Berupa adonan tepung terigu, telur, susu, dan bahan lainnya dimasak di atas wajan anti lengket. Rasanya manis dan teksturnya empuk.

Tapi pancake khas Korea tampak berbeda. Biasanya pancake di Korea ini disajikan dengan varian gurih seperti seafood atau sayuran. Salah satunya menggunakan kentang.

Haluskan kentang dengan bawang bombai dan air menggunakan blender. Ketika sudah halus saring dengan kain kasa dan airnya didiamkan selama beberapa menit untuk mengambil sari kentang. Kentang yang telah dihaluskan itu lalu diberikan tambahan garam dan sari kentang.

Kemudian masak di atas wajan anti lengket dengan sedikit minyak. Goreng sampai bagian luarnya garing. Setelah itu sajikan dengan kecap asin yang ditambahkan bubuk cabai.

Baca Juga: 7 Kreasi Ubi Jalar Enak Khas Korea, Ada Roti hingga Pizza

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com