Festival Ini Tuai Pro Kontra karena Tampilkan Babi yang Digemukkan Paksa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 10 Sep 2020 18:00 WIB
Festival Ini Tuai Pro Kontra karena Tampilkan Babi yang Digemukkan Paksa Foto: AFP
Jakarta -

Festival 'Holy Pig' di Taiwan menuai pro kontra dari masyarakat. Pasalnya festival ini menampilkan babi-babi jumbo yang konon dipaksa makan supaya gemuk.

Festival yang melibatkan penyembelihan dan penyajian seekor hewan sebagai hidangan ada beberapa di dunia. Salah satu yang terkenal dan jadi sorotan pencinta binatang adalah festival daging anjing Yulin di China.

Di festival ini ribuan anjing akan dibunuh untuk dikonsumsi dagingnya. Masyarakat China sendiri memang ada yang terbiasa mengonsumsi daging anjing. Festival ini mendapat kecaman, terlebih usai pandemi Covid-19 merebak.

Selain festival daging anjing Yulin, ada juga festival 'Holy Pig' di Taiwan. Festival ini melibatkan babi-babi jumbo berukuran ratusan kg yang akan disembelih dan dipamerkan. Saking gemuknya, sering kali babi itu tak dapat berdiri.

Baca Juga: 5 Fakta Festival Daging Anjing Yulin di China yang Dikecam

Festival ini juga menuai pro kontra di kalangan masyarakat. Seperti apa fakta-fakta seputar festival 'Holy Pig' yang masih berlangsung di Taiwan? detikFood merangkum informasinya dari South China Morning Post (10/9) seperti berikut:

1. Festival 'Holy Pig' khas masyarakat suku Hakka

Festival Ini Tuai Pro Kontra karena Tampilkan Babi yang Digemukkan PaksaFestival Ini Tuai Pro Kontra karena Tampilkan Babi yang Digemukkan Paksa Foto: AFP

Festival 'Holy Pig' berlangsung setiap tahun di Taiwan. Penyelenggaranya adalah masyarakat suku Hakka yang berjumlah 15% dari populasi orang Taiwan. Dalam festival ini keluarga suku Hakka berlomba-lomba memamerkan babi gemuk.

Babi dipajang dalam kondisi satu ekor utuh. Nantinya pemilik yang mempunyai babi paling gemuk akan mendapat piala sebagai hadiah. Tahun ini festival 'Holy Pig' berlangsung pada Senin (7/9) di Hsinpu Yimin Temple.

Ada 37 babi gemuk yang ditampilkan lalu disembelih. Babi-babi ini diangkut menggunakan truk. Saking beratnya babi, butuh bantuan beberapa orang untuk memapah babi-babi ini saat masuk ke dalam truk.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kress! Renyahnya Scallion Sandwich yang Jadi Andalan Jay Chou"
[Gambas:Video 20detik]