Bukan Doa Makan, Ini yang Harus Dibaca saat Lihat Hantu

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 08 Sep 2020 13:00 WIB
ilustrasi berdoa Doa terhindar dari godaan setan. Foto: ilustrasi: Fauzan Kamil/detikcom
Jakarta -

Dalam video singkat yang dibagikan oleh salah satu netizen @ndorobeii ini langsung menarik perhatian warganet. Di video tersebut terlihat beberapa remaja yang sedang melewati area pemakaman di malam hari. Melihat ada sosok yang diyakini hantu, pria tersebut lari sambil berusaha membaca doa.

Bukan doa memohon perlindungan dari godaan setan. Pria ini justru membaca doa mau makan. Netizen pun langsung banyak berkomentar. "Panik.. panik.. efek yang dihafal cuma doa makan. Jadi langsung baca doa makan. Setannya mau dimakan," tutur salah satu netizen dalam laman komen Instagram tersebut.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-An'aam ayat 112:

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِىٍّ عَدُوًّا شَيَٰطِينَ ٱلْإِنسِ وَٱلْجِنِّ يُوحِى بَعْضُهُمْ إِلَىٰ بَعْضٍ زُخْرُفَ ٱلْقَوْلِ غُرُورًا ۚ وَلَوْ شَآءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُ ۖ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ

Artinya: "Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan." (QS. Al-An'aam: 112).

Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud dan at-Tirmidzi dan dinilai sahih oleh al-Baihaqi dari 'Amr bin Syu'aib dan ayahnya dari kakeknya ia berkata, "Rasulullah saw mengajarkan dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kemurkaan-Nya, dari siksa-Nya. Dari kejahatan hamba-Nya, dari bisikan-bisikan setan dan dari kehadiran setan kepadaku. (Riwayat Ahmad, Abu Daud dan at-Tirmidzi)

Dilansir dari CNN Indonesia.com yang mengutip dari laman Muhammadiyah, ada dia mengusir setan yang dapat diamalkan, yakni dengan membaca kalimat A'uudzubillaah himinas syaitoon nirrojiim
.
أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِ

Latin - Arab : A'uudzubillaah himinas syaitoon nirrojiim

Artinya: Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.

Ada juga doa yang bisa diucapkan untuk mengusir hantu dan setan serta agar terhindar dari gangguan jin, dan orang jahat seperti tercantum salah satu kitab Syekh Nawawi yang dikutip dari situs Nahdlatul Ulama.

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَحْفِظُكَ وَنَسْتَوْدِعُكَ دِيْنَنَا وَأَنْفُسَنَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَأَمْوَالَنَا وَكُلَّ شَيْءٍ أَعْطَيْتَنَا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فِي كَنَفِكَ وَأَمَانِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيْدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيْدٍ وَذِيْ عَيْنٍ وَذِيْ بَغْيٍ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِيْ شَرٍّ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma innaa nastahfidhuka wa nastaudi'uka diinanii wa anfusanaa wa ahlanaa wa aulaadanaa wa amwaalanaa wa kulla syai'in a'thaitanaa. Allahummaaj 'alnaa fii kanfika wa amaanika wa jiwaarika wa 'iyaadzika min kulli syaithaanim mariid wa jabbaarin 'aniid wa dzi 'ainin wa dzi baghyin wa min syarri kulli dzi syarrin innaka 'alaa kulli syai'in qadiir.

Artinya: "Ya Allah, kami memohon penjagaan kepada-Mu dan kami menitipkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta kami, dan segala sesuatu yang Engkau berikan kepada kami. Ya Allah, jadikan lah kami dalam penjagaan-Mu, tanggungan-Mu, kedekatan-Mu, dan perlindungan-Mu dari gangguan setan yang menggoda, dari orang yang kejam, dari mata orang yang berniat jahat, dari orang yang bermaksud zalim, dan dari keburukan apa pun yang membawa keburukan. Sesungguhnya Engkau maha kuasa atas segala sesuatu."

Doa mengusir setan atau hantu ini bisa dibaca agar terhindar dari gangguan setan dan jin.



Simak Video "Istimewa! Bakso Setan Bogor yang Beratnya 500 Gram"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)