4 Hot Dog Unik dari Korea hingga Swedia yang Layak Dicoba

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 06 Sep 2020 18:00 WIB
Hot dog unik Foto: Getty Images/iStockphoto/natapetrovich
Jakarta -

Hot dog berasal dari Amerika. Tapi di beberapa negara, ada kreasi hot dog yang unik. Seperti corn dog dari Korea Selatan hingga tunnbrodsrulle dari Swedia.

Hot dog merupakan sandwich yang terbuat dari roti panjang dengan isian sosis dan aneka saus. Sandiwch ini sangat populer di Amerika Serikat dan jadi hidangan yang mudah ditemui.

Di beberapa negara, hot dog punya kreasi yang unik. Seperti di Korea Selatan ada corn dog, terbuat dari sosis yang dibalut adonan tepung atau kentang goreng.

Lalu di China ada hot dog yang terbuat dari sosis berbalut pastry, bukan roti panjang seperti biasa. Beberapa negara lainnya juga punya kreasi hot dog yang terbilang unik.

Dilansir dari Times of India (31/8), berikut 4 hot dog unik di dunia.

1. Corn Dog (Korea Selatan)

Hot dog unikHot dog unik Foto: Getty Images/iStockphoto/natapetrovich

Korea Selatan bisa disebut sebagai negara yang punya beragam hidangan lezat. Semua makanannya banyak digemari orang-orang di negara lain karena unik dan rasanya enak. Salah satunya corn dog yang merupakan kreasi unik dari hot dog.

Kalau di Amerika Serikat hot dog berupa tangkupan roti panjang berisikan sosis. Nah, di Korea Selatan corn dog juga terbuat dari sosis tapi dibalut dengan adonan tepung mirip donat.

Ada juga yang ditambahkan kentang lalu digoreng. Penyajiannya ditambahkan taburan gula halus dan aneka saus.

Baca Juga: Di Sini Bisa Ngemil Corn Dog, Jajanan Korea Hits yang Bikin Kenyang

2. Salchipapas (Peru)

Hot dog unikHot dog unik Foto: Getty Images/iStockphoto/natapetrovich

Peru merupakan negara di Amerika Selatan yang juga punya kreasi hot dog unik. Namanya salchipapas dengan bentuk yang sangat berbeda dari hot dog yang umum ada di Amerika Serikat.

Salchipapas merupakan jajanan khas Peru. Terdiri dari sosis sapi dan kentang yang digoreng. Lalu disajikan dengan coleslaw gurih di sampingnya. Kini banyak juga yang menyajikannya dengan telur goreng. Ada juga tambahan saus tomat, saus cabai, mustard, dan mayonnaise.

3. Hot Dog Pastries (China)

Hot dog unikHot dog unik Foto: Getty Images/iStockphoto/natapetrovich

China juga punya kreasi hot dog yang cukup unik. Bentuknya masih mirip hot dog pada umumnya. Hanya saja hot dog di China ini menggunakan balutan kulit pastry.

Jadi punya tekstur yang agak renyah ketika disantap. Biasanya hot dog pastries ini disantap sebagai menu sarapan bersama susu atau teh.

4. Tunnbrodsrulle (Swedia)

Hot dog unikHot dog unik Foto: Getty Images/iStockphoto/natapetrovich

Satu lagi kreasi hot dog yang unik di dunia, yaitu tunnbrodsrulle asal Swedia. Hot dog berupa sosis dengan ukuran cukup panjang yang digulung dalam roti tortilla.

Tak hanya sosis saja, biasanya ditambahkan aneka sayuran. Seperti selada, bawang bombai dan tomat. Ada juga yang menambahkan mashed potato yang lembut creamy.

Baca Juga: Suka Hot Dog? Ini Fakta Menarik Seputar Makanan Ikonik Amerika Ini



Simak Video "Masak Masak: Resep Roti Sobek Warna-warni"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)