Selama 17 Tahun Cacing Hidup di Dalam Otak Pria Ini

Sonia Basoni - detikFood Senin, 31 Agu 2020 13:00 WIB
Selama 17 Tahun Cacing Hidup di Dalam Otak Pria Ini Foto: Pear Video
Jakarta -

Seorang pria pernah makan daging hewan liar mentah. Akibatnya ada cacing hidup di dalam otak pria ini selama 17 tahun.

Kejadian tak terduga ini menimpa seorang pria asal China berusia 23 tahun. Saat itu pria bernama Chen tersebut, mengaku mengalami kesemutan di bagian tangan dan kaki sekitar 17 tahun lalu. Chen juga sering mengalami pusing dan mual-mual.

Baca Juga: Akibat Makan Daging Mentah, Orang-orang Ini Tubuhnya Digerogoti Cacing Pita

Dilansir dari Daily Mail UK (31/08), karena kondisinya tak kunjung membaik akhirnya Chen pergi ke Affiliated Hospital of Wuchang University di Provinsi Jiangsu, pada tahun 2015 lalu.

Selama 17 Tahun Cacing Hidup di Dalam Otak Pria IniSelama 17 Tahun Cacing Hidup di Dalam Otak Pria Ini Foto: Pear Video

Orangtua Chen mengeluhkan bahwa putranya ini sulit menggerakkan bagian tubuhnya. Mereka sempat mengira bahwa Chen mengalami masalah genetik.

"Bagian atas tubuh saya sudah mati rasa. Saya tidak bisa merasakan tangan saya termasuk menggerakannya," jelas Chen.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan dan CT Scan, para dokter menemukan adanya cacing parasit di dalam otak Chen.

Cacing ini memiliki panjang mencapai 12 cm yang sudah berada di dalam sana selama 17 tahun lamanya. Chen lalu didiagnosa mengalami sparganosis mansoni yaitu penyakit langka yang disebabkan parasit.

Selama 17 Tahun Cacing Hidup di Dalam Otak Pria IniSelama 17 Tahun Cacing Hidup di Dalam Otak Pria Ini Foto: Pear Video

Penyakit ini biasanya muncul dari infeksi yang disebabkan oleh larva atau cacing pita. Beberapa dokter mengaitkan kasus ini dengan konsumsi daging hewan liar yang masih mentah, seperti daging kodok atau ular.

Ada juga dokter yang berpendapat bahwa cacing itu masuk ke tubuh Chen lewat air yang terkontaminasi. Meski sampai sekarang pihak dokter masih mencari tahu penyebab utama mengapa Chen sulit menggerakan tubuhnya.

Pihak dokter awalnya ingin segera mengoperasi Chen untuk mengeluarkan cacing parasit tersebut. Namun operasi ini ditunda dari tahun 2015, karena lokasi pengambilan cacing di dalam otak cukup berbahaya untuk dioperasi.

Selama 17 Tahun Cacing Hidup di Dalam Otak Pria IniSelama 17 Tahun Cacing Hidup di Dalam Otak Pria Ini Foto: Pear Video

Baru di tahun 2020 ini, dokter berhasil mengeluarkan cacing itu dari kepalanya. Untungnya nyawa Chen berhasil diselamatkan dan kini kondisinya dalam pemulihan.

Kejadian seperti ini cukup sering terjadi di China. Pada bulan April lalu, seorang wanita di Provinsi Jiangsu memiliki cacing hidup di otaknya. Setelah ditelusuri, wanita itu sebelumnya pernah menyantap daging hewan liar yang masih mentah.

Sementara dalam beberapa kasus, cacing parasit ini tidak hanya menyerang otak. Tapi juga menyerang bagian tubuh lainnya mulai dari kaki hingga mulut.

Baca Juga: Hi..! Makan Sashimi, Wanita Ini Temukan Cacing Hidup Di Mulutnya



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)