Baru Jualan 2 Bulan, Sehari Laku 1.000 Potong Pisang Tanduk Goreng

Devi Setya - detikFood Sabtu, 29 Agu 2020 12:00 WIB
pisang goreng tanduk Foto: youtube Will n Win
Jakarta -

Pisang tanduk memang paling enak dijadikan pisang goreng. Di Kalideres, Jakarta ada penjual pisang tanduk goreng yang setiap harinya laris 1000 buah pisang.

Aris, penjual pisang tanduk goreng di kawasan Kalideres ini dalam sehari harus menyiapkan setidaknya 800-1.000 buah pisang tanduk segar. Pisang tanduk ini diraciknya jadi pisang goreng. Uniknya, meski jualan di pinggir jalan dengan gerobak sederhana, Aris mampu menjual hingga 2.000 potong pisang goreng tanduk.

Lewat youtube channel Will n Win, pisang tanduk racikan Aris ini ditampilkan dalam video berdurasi 12 menit. Aris berjualan di pinggir jalan, ia hanya mengandalkan sau meja untuk menaruh kompor tempatnya menggoreng, dan satu meja lainnya untuk menaruh pisang tanduk yang masih mentah.

Aris baru berjualan selama 2 bulan tapi pembelinya sudah membludak. Ternyata rahasia kelezatan pisang tanduk goreng racikan Aris ini terletak pada pisang tanduk matang dan juga adonan tepung yang ia gunakan.

pisang goreng tandukpisang goreng tanduk Foto: youtube Will n Win

Pisang tanduk yang digoreng harus dipilih yang benar-benar matang. Pisang yang bentuknya panjang ini kemudian dikupas dan dibelah membujur menjadi dua. Belahan pisang lantas dicelupkan dalam adonan tepung yang kental. Pisang langsung digoreng dalam minyak banyak dan panas.

Setelah warnanya kuning keemasan, Aris langsung mengangkat pisang gorengnya. Sekali goreng, Aris bisa langsung memasak puluhan potong pisang sekaligus. Tapi tak butuh waktu lama, dalam sekejap tumpukan pisang goreng hangat ini langsung ludes diborong pembeli.

Kepada Will n Win, Aris mengaku tidak bisa berjualan setiap hari karena bergantung pada stok pisang tanduk yang tersedia. Ketika stoknya berlimpah, Aris bisa berjualan pagi mulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

pisang goreng tandukpisang goreng tanduk Foto: youtube Will n Win

Satu potong pisang tanduk goreng buatan Aris dibanderol harga Rp 3.000. Selain pisang tanduk, Aris juga menawarkan menu gorengan lainnya yakni pisang kepok, ubi dan sukun.

Kini pisang tanduk goreng milik Aris belum memiliki nama, rencananya akan diberi nama 'Putri Tanduk'. "Belum ada namanya ini. Rencananya mau kasih nama Putri Tanduk," ujar Aris.

pisang goreng tandukpisang goreng tanduk Foto: youtube Will n Win

Will n Win tak mau melewatkan kelezatan pisang tanduk goreng buatan Aris. Ia terkesima dengan ukuran pisang goreng yang panjang dan rasanya juga enak. Pisang tanduk yang digunakan benar-benar matang sehingga rasanya manis dan empuk.

Adonan pisang goreng yang digunakan juga membuat pisang jadi memiliki tekstur renyah kriuk-kriuk. "Dia pakai pisangnya yang benar-benar matang jadi enak, adonannya ini tebal dan nempel banget di pisangnya. Renyah juga pas dimakan," ujar Will n Win.



Simak Video "Pisang Goreng ala Pizza, Cita Rasa Baru Camilan Unik di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com