Kisah Haru Putri Titian Jalankan Bisnis Sambal Tempoyak

Riska Fitria - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 10:00 WIB
Putri Titan bisnis sambal tempoyak Foto: Instagram @putrititian
Jakarta -

Pesinetron Putri Titian kini tengah disibukkan dengan bisnis sambal tempoyak. Di balik bisnisnya tersebut menyimpan kisah mengharukan antara ibu dan almarhum ayahnya.

Bisnis kuliner banyak diminati oleh para selebriti tanah air. Seperti halnya dengan Putri Titian, perempuan cantik kelahiran 7 April 1991. Melalui Instagramnya, ia memperlihatkan kesibukannya dalam menjalani bisnis sambal tempoyak.

Sambal tempoyak adalah sambal khas Sumatera Selatan yang terbuat dari campuran durian yang telah difermentasi. Putri Titian membuat sambal tempoyak dengan dibantu sang Ibu. Sambal tempoyaknya laris manis terjual hingga ke berbagai pulau di Indonesia.

Putri Titan bisnis sambal tempoyakPutri Titan bisnis sambal tempoyak Foto: Instagram @putrititian

Baca Juga : Gemas! Begini Pose Cantik Putri Titian Bersama Makanan

Ternyata ada kisah mengharukan antara sang ibu dan almarhum ayahnya dibalik bisnis sambal tempoyak yang dijalani Putri Titian. Kisah tersebut dibagikan dalam sebuah video yang diunggah di IGTV @Putrititian (26/08). Dalam video tersebut ia memperlihatkan anggota keluarganya.

Kemudian, ia menceritakan bahwa 3 hari sebelum anak keduanya lahir, sang ayah meninggal dunia. Hal tersebut membuat semua keluarga sedih, terutama sang Ibu yang begitu kehilangan sosok pendampingnya. Bahkan ibunya merasa tak memiliki semangat hidup lagi.

"Ibu susah buat happy lagi. Di tiap fotonya sekarang pasti mukanya selalu sedih. Aku ajak dia jalan-jalan buat ngehibur dia, makan enak-enak berharap dia bisa happy lagi," tulis Putri Titian.

Putri Titan bisnis sambal tempoyakPutri Titan bisnis sambal tempoyak Foto: Instagram @putrititian

Namun, ibunya belum juga pulih dari kesedihan. Ibunya bahkan pernah sampai tidur di mall karena terus kepikiran almarhum suaminya ketika di rumah. Kemudian Putri Titian mencoba mengembalikan semangat ibunya dengan mengajaknya membuat sambal tempoyak untuk dijual.

Mengingat, selama kepergian sang ayah, ibu Putri Titian tak pernah masak di rumah. Dan kebetulan, almarhum ayahnya sangat menyukai durian. Ia selalu mencampur durian ke berbagai makanan dan minuman, mulai dari kopi hingga nasi.

Putri Titian pun mulai dengan mencari pemasok durian yang bagus dan mencoba membuat sendiri sambal tempoyak dengan bahan yang berkualitas. Awalnya Putri Titian kesulitan untuk meyakinkan sang Ibu agar mau membantunya. Lalu, Putri Titian terpaksa berbohong bahwa ia sedang kekurangan uang.

Putri Titan bisnis sambal tempoyakPutri Titan bisnis sambal tempoyak Foto: Instagram @putrititian

"Pada akhirnya dia mau ke pasar buat beli cabe. Sampai akhirnya sukses juga bikin tempoyak dengan cari sana-sini durian yang bagus," tulis Putri Titian.

Putri Titian dan sang ibu pun membuat dapurnya kembali berasap. Tak disangka, sambal tempoyak tersebut laku di pasaran. Semakin hari semakin banyak peminat sambal tempoyak buatan Putri Titian dan ibunya. Bahkan pembelinya dari berbagai pulau.

"Sampai sekarang ibu gak berhenti masak dan sibuk tiap hari. Dan sekarang kalau ngobrol sama alm ayah pasti cerita tentang kesibukkan dia sehari-hari. Sekarang kalau di foto udah bisa senyum lagi," tulis Putri Titian.

Putri Titan bisnis sambal tempoyakPutri Titan bisnis sambal tempoyak Foto: Instagram @putrititian

Putri Titian mengatakan bahwa sambal tempoyak seperti cinta ayah dan ibunya. Di akhir ia menuliskan, "Asamnya sama seperti muka ayah kalau lagi berantem sama ibu. Pedasnya seperti ocehan ibu kalau lagi ngomelin ayah, tapi sebenarnya itu adalah sisi manis dari cerita mereka,".

Harga yang ditawarkan untuk satu botol sambal tempoyak sekitar Rp 55.000. Nah, untuk pemesanan sambal tempoyak ini bisa melalui situs belanja online Shopee dan Tokopedia. Kamu bisa mencari dengan nama toko 'Toko Momom'.

Baca Juga : Sambal Tempoyak Jadi Warisan Budaya Tak Benda, Ini 5 Kuliner Palembang Lain



Simak Video "Bikin Laper: All You Can It Sabu-sabu Kuah Tomyam di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)