'Sa Shi Su Se So' 5 Bumbu Jepang yang Bikin Masakan Lezat

Odilia WS - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 08:00 WIB
Diploma Hidangan Jepang di Le Cordon Blue Foto: Le Cordon Blue Japan
Jakarta -

Suka memasak hidangan Jepang? Meskipun relatif mudah kamu perlu memahami 5 bumbu dalam masakan Jepang agar rasanya hasilnya enak.

Hidangan Jepang tergolong mudah dibuat karena proses memasak yang singkat dan bumbu yang relatif sederhana. Ini karena konsep memasak Jepang adalah mempertahankan citarasa dan tekstur bahan-bahan asli dan alami. Mirip konsep hidangan China.

Banyak hidangan Jepang mempertahankan citarasa alami, seperti sashimi dan sushi yang berbahan segar atau mentah. Diolah menjadi hidangan berkuah atau nabe. Sementara hidangan yang digoreng seperti tempura dikenal belakangan setelah Jepang membuka diri pada pengaruh asing.

Selain pemilihan bahan-bahan segar yang sedang musim, teknik cutting atau pemotongan bahan-bahan makanan sangat penting. Mereka cermat memperhatikan penyajian sehingga bahan makanan akan dipotong sehingga tampilannya cantik. Seperti lobak dan wortel dipotong bentuk bunga.

Meskipun terlihat mudah memasak hidangan Jepang karena bumbunya tak banyak dan teknik memasaknya juga sederhana. Tetapi ada bumbu dasar yang perlu diketahui yang dikenal sebagai Sa Shi Su Se So.

Sa Shi Su Se So bumbu dasar JepangSa Shi Su Se So bumbu dasar Jepang. Foto: Dok. press.ikidane-nippon

Lalu apa itu Sa Shi Su Se So?

Sa Shi Su Se So merupakan singkatan nama bumbu. Tak sekedar disebutkan saja tetapi urutan penyebutannya merupakan urutan memasukkan atau menambahkan dalam masakan. Jadi tak sekedar agar bunyinya bagus tetapi merupakan aturan pemakaian dalam masakan.

1. Sa merupakan singkatan dari Satoh atau gula


Gula ditaruh dalam urutan pertama karena citarasanya lebih kuat dari garam. Selain itu dalam proses pemasakan gula lebih lama meresap dalam bahan makanan dibandingkan bumbu lainnya.

2. Shi singkatan dari Shio atau garam


Garam berfungsi untuk menguatkan citarasa makanan dan ditambahkan setelah gula untuk menyeimbangkan rasa. Garam meresap kuat dalam bahan makanan. Karenanya perlu ditambahkan lebih awal dari bumbu lainnya.

Garam juga sering dipakai untuk melayukan sayuran dan mengurangi aroma anyir ikan. Karena itu ikan segar selalu digosok dengan garam sebelum dimasak.

GaramSa Shi Su Se So bumbu dasar Jepang. Foto: Istimewa

3. Su singkatan dari Su atau cuka


Cuka dalam masakan, cuka apel atau cuka beras berfungsi melindungi makanan agar tak menyerap garam terlalu banyak yang berakibat rasanya terlalu asin. Jika cuka dimasukkan pada tahap awal tidak akan meresap karena mudah menguap.

4.Se singkatan dari Shoyu atau kecap


Yang dimaksud kecap adalah kecap Jepang dengan rasa alami kedelai yang netral gurihnya. Kecap ditambahkan belakangan karena rasanya paling mudah hilang jika terkena suhu tinggi.

miso nikomi udon khas nagoya Sa Shi Su Se So bumbu dasar Jepang Foto: Istimewa

5. So singkatan dari Miso atau fermentasi kedelai


Miso atau fermentasi kedelai ada beberapa jenis dengan tingkat rasa gurih berbeda. Juga dipakai untuk jenis makanan berbeda. Untuk olesan daging panggang atau untuk sup. Miso selalu ditambahkan paling akhir karena berfungsi untuk memperkaya citarasa makanan.

Selain kelima bumbu tersebut, juga dikenal sake, mirin atau sweet sake. Sake merupakan hasil fermentasi beras, sementara mirin juga fermentasi beras dengan rasa manis yang kuat. Sake biasanya ditambahkan sebelum gula. Sedangkan mirin ditambahkan paling akhir karena mudah menguap aromanya.

Dengan panduan Sa Shi Su Se So kamu bisa memasak hidangan Jepang seperti layaknya ibu rumahtangga di sana. Asalkan mengikuti aturan membumbui dan memakai bahan-bahan terbaik, masakan Jepang lezat bisa kamu buat.



Simak Video "Menyantap Sushi di Warung Kaki Lima, Harganya Rp 10 Ribuan!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com