Roti Manis Kekinian

Resep Kuno hingga Variasi Gaya Jepang Kini Digemari Banyak Orang

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 24 Agu 2020 12:00 WIB
Burnt Sienna - Fat Buns Foto: Instagram: @burntsiennaid
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
Jakarta -

Kreasi roti manis kini kembali tren. Ada yang merupakan modifikasi resep roti jadul hingga gaya Jepang yang kekinian, Japanese Milk Buns.

Roti manis merupakan jenis roti populer di Asia. Terbuat dari tepung terigu yang dicampurkan ragi, air, telur, mentega, dan bahan lainnya. Adonan roti manis ini kemudian dikreasikan menjadi beragam bentuk dan isian.

Menilik sejarahnya, konon roti sudah ada sejak 30.000 tahun lalu di Eropa. Roti juga jadi makanan olahan tertua di dunia. Tepung yang digunakan untuk membuat roti berasal dari umbi-ubian.

heap of various bread on wooden backgroundroti Foto: Getty Images/iStockphoto/Pineapple Studio

Namun sekitar tahun 10.000 SM, roti dibuat dari bahan utama biji-bijian. Karena bibit ragi belum ditemukan saat itu, orang zaman dulu mengembangkan rotinya dengan cara alami tanpa campur tangan manusia.

Jenis roti yang umum dinikmati di negara Barat berupa roti tawar dan roti manis. Jenisnya sangat beragam. Hampir di tiap negera Eropa dengan 4 musim punya varian roti berbeda. Di Indonesia roti dikenal pada masa kolonial. Dibuat dengan memakai ragi dan dikonsumsi sebagai menu sarapan warga Belanda. Sementara varian roti manis yang populer, ada roti jadul mencakup roti keset, roti sisir, roti kasur, dan lainnya.

Roti jabrikRoti jabrik Foto: Instagram @asahid_tehyung

Baca Juga: 5 Kreasi Roti Viral, dari Cloud Bread hingga Si Jabrik

Varian roti kekinian juga banyak. Seperti roti Korea bernama Korean garlic cheese bread yang hits saat ini.Di negara asalnya, Korean garlic cheese bread dijual di salah satu gerai street food yang ada di Stasiun Gangnam. Mereka menggunakan roti bun dengan tektur yang kering di luar namun lembut di dalam.

Review Battle 3 Korean Garlic Cheese Bread; Super Furry, Sweet Troops, Odelice IndonesiaReview Battle 3 Korean Garlic Cheese Bread; Super Furry, Sweet Troops, Odelice Indonesia Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Selain Korean garlic cheese bread, roti asal Jepang yaitu Japanese Milk Bread atau Japanese Milk Bun tengah viral saat ini. Bentuknya seperti roti kasur pada umumnya, hanya saja diberi warna pastel yang cantik. Bagian dalamnya diberikan isian cokelat atau krim beragam rasa.

Burnt Sienna - Fat BunsBurnt Sienna - Fat Buns Foto: Instagram: @burntsiennaid

Kemudian muncul Cinnamon roll yang menarik perhatian. Roti lembut dengan tambahan gula palem dan bubuk kayu manis ini memiliki aroma wangi kuat. Cinnamon roll ini kemudian diberi beragam olesan seperti krim matcha, cokelat, ovomaltine dan lainnya.

Review Cinnabomb, Cinnamon Roll 6 ToppingReview Cinnabomb, Cinnamon Roll 6 Topping Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Di tengah munculnya beragam roti manis baru, roti manis jadul atau kuno juga kembali diminati. Seperti roti kasur, roti sisir dan roti Jabrik yang diberi topping keju cheddar yang diparut memanjang.

Ada juga roti srikaya berupa roti dengan selai kaya yang manis legit. Roti ini masih fenomenal karena banyak diburu. Roti sisir yang sederhana dengan olesan mentega gurih dan gula juga banyak disukai. Bahkan di Yogyakarta ada salah satu penjual roti sisir yang kebanjiran orderan.

Tak hanya membahas seputar rotinya saja, detikFood juga akan memberikan rekomendasi tempat beli beraneka ragam roti. Mulai dari Japanese milk buns, roti jabrik, roti keset, hingga cinnamon roll yang enak. Beragam kreasi roti beku yang praktis pun juga banyak ditawarkan toko online.

Kalau kamu ingin belajar membuat roti manis kekinian ala Jepang atau Korea, detikfood akan memberikan rekomendasi tempat kursus onlinenya. Tak ketinggalan tips dari para pastry chef muda yang berbakat dan tengah populer. Untuk tahu informasi lengkapnya, simak terus detikFood ya!

Baca Juga: Japanese Milk Bun yang Super Lembut Ada di 5 Tempat Ini



Simak Video "Bikin Laper: Roti Tisu? Apaan Tuh?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com