Punya Istri Bule Jerman, Pria Cirebon Ini Malah Ajak Memulung Botol Minuman

Devi Setya - detikFood Sabtu, 22 Agu 2020 17:00 WIB
pria cirebon ajak istri memulung Foto: youtube vigus gitano
Jakarta -

Pria asal Cirebon ini menarik perhatian setelah ia mengajak istrinya yang bule Jerman untuk memulung. Berbagai botol bekas minuman dikumpulkan untuk dijual demi mendapatkan uang.


Kisah sedih sekaligus inspiratif ini dibagikan pria Cirebon bernama Agus yang tinggal di Jerman. Agus tinggal di Negeri Panser ini setelah menikahi gadis cantik bernama Viona. Pasangan Agus dan Viona kerap membagikan pengalamannya hidup di Jerman, termasuk saat mereka menjadi pemulung.

Lewat channel youtube Vigus Gitano, Agus dan Viona belum lama ini mengunggah aktivitasnya sebagai pemulung. Mereka bahkan dengan tegas menyebut dirinya sebagai 'tukang rongsok'.

pria cirebon ajak istri memulungpria cirebon ajak istri memulung Foto: youtube vigus gitano

Baca juga : Mengharukan! Penyapu Jalan Ini Berbagi Sarapannya dengan Pemulung Tuna Netra

Agus saat ini diketahui belum memiliki pekerjaan tetap di Jerman, ia pun putar otak demi bisa memenuhi kebutuhan hariannya. Apalagi Agus dan Viona sudah memiliki balita mungil sekaligus tengah menanti kelahiran anak kedua mereka. Pekerjaan apapun dilakoni Agus.

Dalam video berdurasi 14 menit ini terlihat Viona dengan semangat pergi keluar rumah bersama Agus dan anaknya untuk menuju tempat sampah. Ya, mencari botol bekas minuman sekarang jadi kesibukan hariannya.

Viona melongok tempat sampah berharap ada botol kosong yang ia temui, namun sayang ia tak menemukannya. Keluarga kecil ini kemudian lanjut menuju kebun yang disinyalir jadi tempat nongkrong anak muda.

pria cirebon ajak istri memulungpria cirebon ajak istri memulung Foto: youtube vigus gitano

Benar saja, mereka menemukan 6 botol bekas minuman alkohol di area kebun ini. Agus mengatakan sering mendengar anak muda berpesta di area kebun ini. Biasanya setelah pesta, mereka akan meninggalkan sampah botol bekas minuman.

Agus dan Viona sebelumnya sudah mengumpulkan banyak botol bekas minuman, ada yang berbahan kaca, ada juga yang berbahan plastik. Di Jerman, botol-botol ini bisa ditukar dengan uang.

Agus yang membawa dua tas besar berisi botol bekas minuman, berjalan menuju area penukaran barang rongsok. Di Jerman, sampah plastik seperti ini bisa ditukar uang maupun voucher belanja.

pria cirebon ajak istri memulungpria cirebon ajak istri memulung Foto: youtube vigus gitano

Sebuah alat canggih mirip mesin ATM berjajar di area ini. Viona tinggal memasukkan botol-botol bekas minuman, nantinya akan ada keterangan harga untuk setiap botol bekas ini. Hanya botol dengan label jelas yang bisa ditukar uang, beberapa botol yang tak memiliki logo khusus terpaksa tidak bisa ditukar.

Dari dua kantong besar berisi botol plastik, pasangan ini mendapatkan uang senilai 10,56 Euro yang kalau dirupiahkan ada sekitar Rp 160 ribu. Kupon ini bisa langsung ditukar uang ataupun dijadikan voucher belanja. Agus dan Viona kemudian menggunakan voucher ini untuk langsung berbelanja di supermarket.

Dari uang hasil memulung, mereka bisa membeli berbagai makanan kebutuhan harian. Namun di akhir video, Agus sempat melontarkan pertanyaan kepada sang istri soal menjadi pemulung. Dengan sedikit sedih Viona mengatakan malu jika harus terus menerus mengais barang bekas.

"Kamu malu tidak, saya jadi pemulung?" tanya Agus pada wanita di sebelahnya.

"Ya, malu karena kan harus mencari barang bekas di tempat sampah. Saya tidak merasa bagus ya," ujar Viona.

pria cirebon ajak istri memulungpria cirebon ajak istri memulung Foto: youtube vigus gitano

Baca juga : Wow! 10 Foto Botol Bekas Ini Bisa Jadi Karya Seni yang Indah

Video Agus dan Viona jadi pemulung di Jerman ini sudah disaksikan lebih dari 1,2 juta kali dan menuai banyak komentar netizen. Ada yang memuji kegigihan Agus dan Viona.

"Istrinya baik banget mas. Semoga dalam keberkahan dan rahmat Allah sekeluarga. Aamiin," ujar netizen.

"Daripada para koruptor ke luar negeri cuma gondol uang negara, masih mulia anda cari rongsok tidak merugikan orang lain. Rezeki halal berkah. Semangat," sahut netizen.

"Cuma di sini tukang rongsok nggak disetting backsound lagu sedih dan prolog seolah paling susah. Jaga terus mas keluarganya. Sangat menyenangkan punya keluarga nggak gengsian harus mulung seperti itu," pungkas netizen.



Simak Video "Masak Masak: Resep Roti Sobek Warna-warni"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)