'Tilik' Jadi Trending, Ini 5 Kuliner Legendaris Bantul yang Bikin Ngiler

Devi Setya - detikFood Jumat, 21 Agu 2020 13:00 WIB
Sate Klathak Pak Pong Foto: Armando Aditya/d'traveler
Jakarta -

Bantul kembali disebut-sebut setelah film 'Tilik' populer belakangan ini. Kabupaten Bantul dikenal juga dengan ragam kuliner khasnya yang unik dan bikin ngiler.

Film pendek 'Tilik' berhasil menjadi trending di Youtube dan Twitter. Peran Bu Tejo yang julid dan disebut sebagai biang gosip ini berhasil menyita perhatian masyarakat Indonesia.

Memilih lokasi syuting di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, film 'Tilik' juga berhasil mempromosikan berbagai hal termasuk kuliner Bantul yang juga ikut dilirik. Di Bantul, ada banyak makanan khas yang unik dan patut dicoba. Saat berkunjung ke Bantul, jangan lupa manjakan lidah dengan berbagai makanan yang bikin ngiler.

Baca juga : 10 Kuliner Jogja yang Enak dan Hits, Kamu Harus Coba!

Berikut berbagai makanan khas Bantul yang legendaris dan bisa jadi pilihan.

1. Pecel Belut

pecel semanggi mbah Warno Bantulpecel semanggi mbah Warno Bantul Foto: Ayu Rifka Sitoresmi/detikcom

Di Bantul, belut kerap diolah jadi berbagai hidangan. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah pecel belut. Belutnya diambil dari persawahan di sekitar Bantul. Menu ini hanya ada di Bantul tepatnya di Warung Mbah Warno.

Mbah Warno sudah menyajikan pecel belut ini selama kurang lebih 40 tahun. Di warung sederhana yang beralamat di Sembungan, Bangunjiwo Kasihan, Bantul ini pecel belut selalu jadi incaran masyarakat Bantul maupun para wisatawan yang berkunjung ke Bantul.

Seporsi pecel belut terdiri dari berbagai sayuran seperti bayam, daun kenikir, daun pepaya, kacang panjang, dan tauge. Sayuran ini kemudian diguyur sambal pecel dan diberi potongan belut goreng lapis tepung. Paling enak makan pecel belut bersama nasi putih hangat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Ayam Ingkung Jogja yang Melegenda"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com