Uang Baru 75 Ribu, Bisa Dapat Jajan Makanan Apa Saja?

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 19 Agu 2020 19:30 WIB
nasi padang Jajan makanan 75 ribu. Foto: Istimewa
Jakarta -

Uang baru 75 ribu merupakan uang edisi khusus untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia yang ke 75. Uang kertas ini bergambar diantaranya foto proklamator, pengibaran bendera pada proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dan anak-anak mengenakan pakaian adat.

Uang pecahan Rp 75.000 pun sudah resmi beredar dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran. Dikutip dalam CNBC, Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan, "Uang yang dikeluarkan dalam jumlah terbatas ini hanya sebanyak 75 juta lembar dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Sehingga bisa digunakan sebagai alat transaksi saat berbelanja."

Uang baru 75 ribu ini dibuat secara khusus dan akan menjadi bagian sejarah pencetakan uang di RI. Apalagi uang yang dicetak menggunakan durable paper ini tidak akan diterbitkan setiap tahunnya.


Namun jika kamu punya beberapa atau ingin membelanjakan uang pecahan 75 ribu ini. Kira-kira mau dibelikan jajanan apa ya?

Ini jajanan yang bisa kamu beli dengan uang Rp 75 ribu:

1. Bebek Penyet dan Ikan Nila Bakar

Nasi Uduk 17 BenhilNasi Uduk 17 Benhil Foto: detikFood/Riska Fitria


Bagi kamu yang doyan makan nasi, dengan uang 75 ribu baru bisa jajan makanan enak. Misalnya saja jika kamu mampir ke NasiUduk 17 yang terletak di Jalan Bendungan Hilir No. 96 A, Jakarta Pusat. Di sini kamu bisa makan bebek penyet (Rp 25.000) dan nasiuduk (Rp 5.000).

Masih sisa 45 ribu, kamu bisa memesan lagi ikan nila (Rp.20.000) dan nasi uduk (Rp 5.000). Nah sisanya bisa kamu belikan dua gelas es teh manis. Wah 75 ribu sudah kenyang nih makan berdua.

2. 3 Gelas Boba Milk Tea

Xing Fu TangXing Fu Tang Foto: Lusiana detikFood


Uang pecahan 75 ribu baru bisa kamu belikan 3 gelas brown sugarboba milk tea ukuran sedang.Xing Fu Tang Taiwan yang berada di beberapa mal di Jakarta bisa kamu beli demi memuaskan keinginan minum minuman manis.

Brown sugar boba milk tea disajikan dengan campuran susu segar, krimer dan boba yang dibuat langsung di gerainya.

3. Korean Garlic Bread

Review Battle 3 Korean Garlic Cheese Bread; Super Furry, Sweet Troops, Odelice IndonesiaReview Battle 3 Korean Garlic Cheese Bread; Super Furry, Sweet Troops, Odelice Indonesia Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari


Roti kekinian bernama Korean Garlic Bread ini sedang banyak diburu. Super Furry yang berada diNeo Soho Mall, Jakarta Barat menjual Korean Garlic Bread yang berisi 2 buah dengan harga Rp 45.000. Dengan uang 75 ribu tentunya uang kamu masih tersisa 30 ribu. Sisanya bisa kamu belikan es kopi susu atau minumanboba.

4. Burger

Lawless burger barLawless burger bar Foto: Lusiana Mustinda


Bagi pecinta Lawless Burger, dengan uang 75 ribu kamu bisa membeli burger Motley Burg seharga 48 ribu dan minum segelas orange juice seharga 15 ribu. Tertarik mencoba?

5. 4 Porsi Bakso

Bakso Tip Top Enak di KemanggisanBakso Tip Top Enak di Kemanggisan Foto: dok. detikFood


Pecinta bakso tentu tak tahan jika melihat semangkuk bakso yang berkuah hangat dengan dipenuhi potongan tetelan. Penjual bakso biasanya mematok harga Rp 15.000 hingga Rp. 19.000 perporsinya. Umumnya 15 ribu sudah komplet dengan isian bakso urat, tahu bakso serta mie.

Bagi kamu yang memiliki uang 75 ribu bisa dapat mendapatkan 4 mangkuk bakso nikmat. Nyam!

6. Nasi Padang

Nasi PadangNasi Padang Foto: Getty Images/iStockphoto/GWMB


Nasi Padang dengan perpaduan lauk komplet harganya beragam. Untuk warung Padang biasa, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 20.000-an. Sedangkan jika memilih ayam bakar biasanya harganya hanya sekitar Rp 16.000-an.

Dengan uang 75 ribu kamu bisa mendapatkan dua porsi lengkap nasi padang dengan rendang atau cincang. Ditambah dengan kerupuk jangek dan es teh manis. Dijamin kenyang!

7. 4 Paket Ayam Bakar

Ayam Bakar Bumbu RujakAyam Bakar Bumbu Rujak Foto: iStock


Ayam bakar dengan nasi dan lalapan umumnya dijual dengan harga Rp 18.000 hingga Rp 20.000-an. Dengan uang 75 ribu, kamu bisa mendapatkan 4 paket ayam bakar lho. Salah satu ayam bakar yang bisa dicoba adalah Ayam BakarKambal yang berada di dekat Pasar Santa, Jakarta Selatan.

Ayamnya dibumbui dengan citarasa gurih sedikit manis. Ditambah dengan sambal terasi pedas dan lalapan segar.

Tidak semua makanan enak ini harus kamu kunjungi ke resto atau warungnya. Dengan bantuan teknologi, kamu bisa memesannya secara online dengan beberapa aplikasi seperti Go Food dan Grab Food. Apalagi saat pandemi seperti ini, lebih baik di rumah saja tapi bisa makan enak. Jadi uang 75 ribunya mau dijajanin apa?



Simak Video "Sambut Hari Kemerdekaan dengan Kuliner Makanan Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)