5 Fakta Telok Pindang, Makanan Khas Palembang yang Hanya Ada Saat 17 Agustusan

Riska Fitria - detikFood Senin, 17 Agu 2020 18:00 WIB
Telok pindang Foto: Instagram @oji_frozi
Jakarta -

Merayakan hari kemerdekaan Indonesia bisa dengan menyajikan kuliner khas. Di Palembang ada hidangan telok pindang yang sudah identik dengan hari kemerdekaan RI.

Banyak cara untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus. Selain berbagai perlombaan seru, ada juga yang merayakan dengan menyajikan makanan khas Indonesia.

Seperti yang ada di Palembang. Ada tradisi yang menyajikan berbagai hidangan telur, seperti telok abang, telok ukan dan telok pindang. Makanan khas Palembang itu disebut sebagai makanan kebangsaan Indonesia karena hanya ada saat bulan Agustus saja.

Ada cerita menarik dibalik hidangan telur untuk perayaan hari kemerdekaan RI. Mulai dari asal muasal hingga cara membuatnya. Berikut 5 fakta tentang telok pindang yang hanya ada saat perayaan hari kemerdekaan RI.

1. Apa Itu Telok Pindang?

Telok pindangTelok pindang Foto : Instagram @diannovitasari_dian

Telok dalam bahasa Sumatera artinya adalah telur. Sementara pindang merupakan masakan yang berasal dari Sumatera. Jadi, telok pindang merupakan makanan berupa telur rebus yang dimasak dengan cara dipindang. Jenis telur yang digunakan adalah telur ayam.

Bumbu yang digunakan untuk untuk membuat telok pindang adalah daun jambu biji, kulit bawang, daun salam dan garam. Bumbu tersebut kemudian dimasukkan ke alam air rebusna telur. Kelihatannya cara membuat telok pindang sangat mudah.

Namun, ada teknik khusus agar bumbu-bumbu tersebut dapat meresap ke dalam telurnya. Tekniknya adalah jika telur sudah 75% matang, telur harus sedikit ditekan-tekan hingga cangkang telurnya retak.

Dengan begitu, bumbu akan masuk melalui celah retakan. Setelah itu telok pindang dikupas kulitnya dan disajikan. Warnanya kecoklatan dengan motif dari bekas retakan kulit. Di China telur ini disebut sebagai telur retak 1000.

Baca Juga : Daftar Promo Restoran di HUT Kemerdekaan RI ke-75

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Tumis Pedas Tulang Muda Sapi"
[Gambas:Video 20detik]