Wah! Ada Restoran Korea dan Jepang Ala Warteg di Yogyakarta

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 19:30 WIB
Restoran Korea dan Jepang Ala Warteg di Yogyakarta Foto: Instagram @gendut_kulineran
Jakarta -

Penyajian makanan ala warteg ternyata diterapkan juga pada restoran Korea dan Jepang yang ada di Yogyakarta. Yuk, intip suasananya!

Warung tegal atau warteg merupakan warung makan khas Indonesia yang menawarkan makanan rumahan. Dinamakan warung Tegal karena pelopor warung makan murah dengan menu makanan rumahan sederhana adalah orang-orang dari daerah Tegal, Jawa Tengah.

Makanan wartegMakanan warteg Foto: Shutterstock

Makanan yang disajikan dalam wadah piring atau baskom, lalu dijajarkan di dalam lemari kaca. Pembeli tinggal menunjuk lauk yang dipilih. Umumnya jumlah menunya mencapai puluhan. Dari beragam tumisan sayuran, lauk gorengan, tempe tahu, sambal, ayam goreng hingga sop dan soto serta sayur bening atau lodeh.

Banyak juga warteg yang kini tampil lebih kekinian. Seperti Wahteg di kawasan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat yang mengusung warteg dengan konsep kekinian dan modern. Warna interior didominasi warna hijau tosca dan sangat bersih.

Restoran Korea dan Jepang Ala Warteg di YogyakartaRestoran Korea dan Jepang Ala Warteg di Yogyakarta Foto: Instagram @wahteg_id

Baca Juga: Bangga! Nasi Rames ala Warteg Bisa Dicicipi di Jepang

Lalu ada juga klub di kawasan Kemang yang mengusung tema warteg. Namanya Warget (Warung Joget). Tampilan depan Warget ini memang seperti warteg pada umumnya, namun ketika kamu masuk ke dalamnya akan menemukan klub yang didominasi anak muda.

Kini di Yogyakarta, ada restoran Asia yang menawarkan makanan Korea, Jepang, dan Thailand tapi menggunakan konsep warteg. Namanya Happy Bee Restaurant, berlokasi di Galeria Mall Lt. 3, Yogyakarta.

Restoran Korea dan Jepang Ala Warteg di YogyakartaRestoran Korea dan Jepang Ala Warteg di Yogyakarta Foto: Instagram @gendut_kulineran

Tampilan restorannya seperti pada umumnya, hanya saja penyajian makanannya yang berkonsep warteg. Beragam makanan disajikan dalam wadah lalu dijajarkan di sebuah lemari kaca. Nantinya para pelanggan bisa memilih aneka makanan yang mereka inginkan.

Makanan yang ditawarkan pun sangat beragam, ada tempura, gyudon, salad, ayam goreng ala Korea, ayam peking, hingga sup tomyam. Kamu bisa memilih penyajian dengan bento atau piring biasa.

Restoran Korea dan Jepang Ala Warteg di YogyakartaRestoran Korea dan Jepang Ala Warteg di Yogyakarta Foto: Instagram @gendut_kulineran

Akun Instagram @gendut_kuliner membagikan pengalamannya menyantap makanan di sana. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 10.000 untuk rice bowl dan Rp 20.000 untuk bento.

Restoran Korea dan Jepang Ala Warteg di YogyakartaRestoran Korea dan Jepang Ala Warteg di Yogyakarta Foto: Instagram @happybeeresto

Tapi perlu diperhatikan saat memilih makanan yang ada di restoran ini. Jangan sampai kalap kalau tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk menikmati makanannya. Mari dicoba foodies!

Baca Juga: Keren! Warteg Bahari di Korea Jual Ayam Geprek hingga Siomay



Simak Video "Warteg Legendaris Gang Mangga: Satu Sendok Petai Harganya Rp 15 Ribu!"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com