Rayakan HUT Kemerdekaan RI ke-75, Ada Tumpeng Angka 75 dan Panjang 1,2 Meter

Devi Setya - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 12:30 WIB
tumpeng kemerdekaan Indonesia ke-75 Foto: dok. Dapur Bu Sastro
Jakarta -

Nasi tumpeng jadi sajian ikonik pada setiap tanggal 17 Agustus. Merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-75, ada tumpeng raksasa yang menampilkan angka 75.

Tumpeng modifikasi ini hadir khusus untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75. Dibuat oleh pemilik usaha nasi tumpeng dari Dapur Bu Sastro yang berlokasi di Depok.

Tumpeng modifikasi HUT Kemerdekaan RI 75 ini dibuat dalam porsi jumbo. Tumpeng nasi kuning ini memiliki panjang 1,2 meter dengan lebar 74 cm. Tak tanggung-tanggung, jika umumnya tumpeng bisa dinikmati untuk 30 porsi makan, maka tumpeng yang satu ini bisa dinikmati untuk 100 porsi.

Izma selaku pemilik Dapur Bu Sastro mengatakan kalau pembuatan nasi tumpeng raksasa ini sengaja dilakukan sebagai salah satu program mingguan yang dilakukan Dapur Bu Sastro. Membuat makanan untuk dibagikan gratis kepada masyarakat sekitar. Namun karena momennya berdekatan dengan Hari Kemerdekaan RI maka dibuatlah tumpeng bertema HUT Kemerdekaan RI ke-75.

tumpeng kemerdekaan Indonesia ke-75tumpeng kemerdekaan Indonesia ke-75 Foto: dok. Dapur Bu Sastro

Baca juga : Tumpeng Mini dengan Lauk Komplet Ada di 5 Tempat Ini

"Kami rutin mengadakan program Jumat Berkah yaitu program mingguan di hari Jumat dimana kami berbagi makanan ke masyarakat sekitar. Karena hari Jumat kemarin berdekatan dengan tanggal HUT RI jadi kami memiliki ide untuk menggabungkan momen suka cita kemerdekaan dikombinasikan dengan program Jumat Berkah kami agar dapat memberikan manfaat lebih untuk masyarakat sekitar," jelas Izma saat dihubungi detikFood (15/8).

Lebih lanjut, Izma mengatakan tumpengnya ini terbuat dari nasi kuning dengan 7 lauk pelengkap. Lauk berjumlah ganjil tersebut antara lain ayam suwir bumbu Bali, telur balado, mie goreng sayur, urap sayur kelapa, kering tempe kacang, kentang kering mustofa dan telur dadar iris. Di samping lauk, ada juga pelengkap berupa sambal.

Tumpeng disajikan di atas nampan panjang dengan lapisan daun pisang dan aneka hiasan yang umumnya dipakai sebagai hiasan tumpeng. Uniknya lagi ada hiasan wortel dan kacang panjang yang dibentuk mirip pohon panjat pinang. Tampilannya menarik dan cantik, apalagi nasi dicetak membentuk huruf dan angka 75, sesuai usia kemerdekaan Indonesia pada tahun 2020 ini

tumpeng kemerdekaan Indonesia ke-75tumpeng kemerdekaan Indonesia ke-75 Foto: dok. Dapur Bu Sastro


Istimewanya lagi, nasi tumpeng dibuat oleh Chef Hasan yang pernah mendapat penghargaan dari Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Tumpeng ini juga dibuat oleh Chef kami yaitu Chef Hasan yang pernah mendapat penghargaan Satyalencana tahun 2005 dari Presiden RI SBY atas pengabdian dan keterlibatan aktif dalam penanggulangan bencana alam di Aceh. Karyawan kami juga beberapa adalah ibu rumah tangga yang terkena dampak PHK karena adanya pandemi corona," beber Izma.

Membuat tumpeng ukuran besar tentu tidaklah mudah. Izma mengatakan ia dan timnya membutuhkan waktu masak hingga 4 jam. Waktu ini dibagi 2,5 jam untuk memasak dan 1,5 jam untuk menghias tumpeng.

tumpeng kemerdekaan Indonesia ke-75tumpeng kemerdekaan Indonesia ke-75 Foto: dok. Dapur Bu Sastro

Baca juga : 6 Makna Sajian Nasi Tumpeng yang Lezat

Meskipun tahun ini momen Agustusan tidak meriah seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi Izma dan tim menyambutnya dengan suka cita. "Tujuan kami adalah untuk tetap dapat merayakan suka cita menyambut kemerdekaan RI yang ke 75 tapi dengan tetap mempertahankan nilai berbagi dengan sesama di lingkungan kami berada," ujar Izma.

Tumpeng besar ini kemudian dibagikan kepada masyarakat sekitar dalam ukuran satu porsi sekali makan. Soal tumpeng ukuran jumbo, sebenarnya Dapur Bu Sastro sudah terbiasa membuatnya namun khusus yang bertema kemerdekaan, tumpeng ini jadi andalan.



Simak Video "Berburu Sunrise Sambil Kulineran di 'Tumpeng Menoreh'"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com