Modal Rp 30 Ribu Bisa Puas Kulineran Seharian di Solo

Devi Setya - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 17:00 WIB
jajan murah di solo Foto: instagram @carikulinersolo
Jakarta -

Punya uang Rp 30 ribu di Jakarta mungkin hanya bisa untuk sekali makan. Lain halnya dengan di Solo, uang Rp 30 ribu bisa buat makan dan jajan seharian. Kenyang!

Solo bukan hanya terkenal dengan tradisinya, tapi juga kulinernya yang bikin para pelancong ingin datang dan menikmati ragam kuliner khas. Tak perlu khawatir soal rasa, karena hampir semua makanan tradisional di Solo punya rasa juara. Dan satu lagi, tak perlu khawatir kantung terkuras.

Untuk puas makan dan jajan seharian di Solo, kamu hanya perlu mengantongi uang Rp 30 ribu saja. Dengan uang ini, kamu bisa sarapan, makan siang, makan malam plus jajan makanan dan minuman enak yang bikin perut kenyang. Nggak percaya?

Netizen di balik akun instagram @carikulinersolo coba membuktikan kalau uang Rp 30 ribu bisa menjamin perut kenyang seharian di Solo. Video singkat yang juga diunggah lewat TikTok ini sekaligus bisa jadi panduan rekomendasi saat kamu sedang di Solo.

jajan murah di solojajan murah di solo Foto: instagram @carikulinersolo

Baca juga : Modal Rp 10 Ribu Bisa Puas Jajan Makanan Enak di Yogya

Pertama yang jadi tujuan kuliner yakni jajanan leker. Kue manis isi pisang dan cokelat ini bisa dibeli saat kamu berkunjung ke Keraton Solo. Di sini harga satu potong leker Rp 2.000 saja. Leker gerobakan ini mulai mangkal sejak pagi pukul 08.00-17.00 WIB.

Puas makan lekker, kamu bisa makan siang dengan menu nasi sambal tumpang di Warung Bu Tapruk. Warung ini ada di area Pasar Gedhe Solo. Cocok disambangi saat kamu sedang jalan-jalan sambil belanja di pasar legendaris ini. Seporsi nasi dengan sambal tumpang, gorengan dan minum harganya cuma Rp 9.000 saja.

jajan murah di solojajan murah di solo Foto: instagram @carikulinersolo

Lanjut lagi ke arah Bunderan Baron Solo, kamu bisa melegakan tenggorokan dengan segelas es kapal Baron. Es legendaris asli Solo ini terbuat dari santan yang dicampur perasa cokelat. Minuman ini disajikan dingin dengan pelengkap roti tawar. Segelas es kapal Baron harganya cuma Rp 5.000.

Untuk makan malamnya bisa santap nasi gudeg di warung Mas Hari. Warung gudeg ini buka malam hari lepas magrib hingga tengah malam. Menu yang bisa jadi pilihan tentu saja nasi gudeg campur. Kamu bisa melengkapinya dengan sepotong ceker lembut yang nikmat, harganya cuma Rp 6.500. Puas makan nasi gudeg Rp 6.500 tampaknya hanya bisa dilakukan di Solo.

jajan murah di solojajan murah di solo Foto: instagram @carikulinersolo


Dan terakhir sebagai menu penutup, kamu bisa jajan susu segar Shi-Jack yang rasanya bisa dipilih sesuain selera. Rata-rata harga pergelas susu ini Rp 7.500. murah banget!

Baca juga : 7 Jajanan Solo Enak dan Murah Meriah yang Sayang Dilewatkan

Rekomendasi makan dan jajan seharian ini masih bisa disesuaikan dengan budget dan juga jenis makanannya. Di kolom komentar, banyak juga yang menyarankan aneka jajanan lain, bahkan ada yang bilang bisa makan dan jajan seharian dengan budget di bawah Rp 30 ribu.

"Asli, emang murah banget. Dulu jaman kerja di Solo gaji masih kecil bisa jajan plus makan sehari cuma Rp 10 ribu, nasi masak sendiri," beber netizen.

"Wah lebih murah dari di Denpasar, padahal sini kayaknya makanan udah murah banget," beber netizen.

"Jadi pengen ke Solo buat jajan dan kulineran. Pulang dari Solo jadi gemuk tapi juga kantong nggak tipis," pungkas netizen.



Simak Video "Bikin Laper: Sate Buntel, Gulai Jawa dan Nasi Liwet "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)