Nasi Nusantara Autentik

5 Beras Lokal Populer, Ada Pandan Wangi Hingga Rojolele

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 09:00 WIB
beras lokal populer Foto: iStock

3. Rojolele - Short Grain

beras lokal populerberas lokal populer Foto: iStock

Yang populer selanjutnya adalah Rojolele. Nama rojolele bukanlah merek beras melainkan varietasnya. Beras jenis ini sangat populer di Indonesia, bahkan sangat digemari.

Beras ini masuk ke dalam kategori short grain. Karena bentuknya yang pendek dan agak bulat berwarna putih susu. Hampir mirip dengan pandan wangi, rojolele juga punya aroma yang khas.

Teksturnya pulen lembut ketika dimasak. Karenanya harga beras rojolele terhitung mahal. Alasan lain dari harganya yang mahal adalah karena rojolele tak mudah dipanen.

4. Mentik Susu - Short Grain

beras lokal populerberas lokal populer Foto: iStock

Selanjutnya jenis beras ini juga sangat populer di Indonesia. Yaitu Mentik Susu yang banyak disebut juga sebagai beras Jepang. Namun asalnya dari Magelang, Jawa Tengah.

Mentik Susu masuk ke dalam kategori short grain, karena bentuknya pendek. Tak hanya pendek, bentuknya juga cenderung bulat dan warnanya seputih susu seperti namanya. Mentik Susu juga jenis beras organik.

Di dalamnya mengandung banyak nutrisi dan kaya akan mineral. Ada kandungan serat yang tinggi, protein, vitamin, karbohidrat, dan glukosanya mudah terurai. Jadi, jenis beras ini termasuk aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Baca Juga: Ini Perbedaan Beras Pandan Wangi, Sentra Ramos hingga Solok

Selanjutnya
Halaman
1 2 3