Nasi Nusantara Autentik

Beras Adan Krayan yang Pulen dari Kalimantan Jadi Favorit Sultan Brunei!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 15 Agu 2020 06:00 WIB
Pertanian beras Foto: iStock
Jakarta -

Dari kecamatan Krayan, Kalimantan Utara, ada beras adan yang terkenal sebagai beras organik berkualitas. Teksturnya pulen dan rasanya legit. Tak heran jadi favorit Sultan Brunei!

Membicarakan beras Indonesia, tak ada habisnya. Ada banyak jenis beras berkualitas yang bisa dibanggakan. Salah satu yang tersohor adalah beras adan krayan. Sesuai namanya, beras ini diambil dari padi yang tumbuh di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Beras adan krayan tergolong beras organik berkualitas. Dalam proses tanam hingga panen, beras ini tak tersentuh bahan kimia sedikitpun. Terdapat tiga jenis beras adan krayan yang diunggulkan yaitu putih, merah, dan hitam.

Dalam sejarahnya, beras ini sempat diklaim milik Malaysia lantaran lokasi Krayan yang memang sangat dekat ke Malaysia. Namun kini beras adan krayan telah mengantongi sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Republik Indonesia.

Seperti apa serba-serbi beras adan krayan? detikFood merangkum informasinya seperti berikut:

1. Padi hanya bisa tumbuh di Krayan

Pertanian berasFoto: iStock

Yang menjadikan beras adan krayan istimewa adalah varietas padi penghasil beras adan hanya bisa tumbuh di tanah Krayan. Hal ini disampaikan Alex Balang, Ketua Komisi Ekowisata Forum Masyarakat Adat Dataran Tinggi Borneo (FORMADAT) seperti dikutip dari detikTravel (11/19).

Sebelumnya padi sudah coba ditanam di tempat lain, namun hasilnya nihil. Alex menjelaskan, "Dulunya ada penelitian yang mencoba menanam padi Krayan di luar wilayah Krayan, dan hasilnya gagal. Bisa tumbuh tapi padinya nggak berisi. Begitu juga sebaliknya, padi biasa bila ditanam di Krayan tidak akan tumbuh."

Hal ini rupanya terkait jenis padi dan kandungan tanah yang ada di Krayan. Merupakan suatu anugerah dimana padi beras adan sangat cocok tumbuh di Krayan hingga menghasilkan beras organik berkualitas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Santap Ikan Kerapu Raja dan Udang Vaname"
[Gambas:Video 20detik]