Ini Sebabnya Harga Telur Organik Lebih Mahal dari Telur Biasa

Devi Setya - detikFood Jumat, 14 Agu 2020 16:03 WIB
Free range chicken on an organic farm in Austria; Freilandhühner auf einem Bauernhof in Oberösterreich Foto: Getty Images/iStockphoto/Leonsbox
Jakarta -

Telur ayam organik punya harga lebih tinggi karena kualitasnya. Salah satu sebabnya karena ayam petelurnya diternak tanpa kandang.

Di pasaran memang ada berbagai varian telur ayam, termasuk telur ayam organik. Jenis telur ayam organik dibanderol dengan harga yang terbilang cukup mahal dibanding telur ayam biasa. Tentu saja ada alasan dibalik harga telur organik yang mahal.

Dari segi nutrisi, telur ayam organik terbilang lebih kompleks dan jauh lebih sehat. Telur ayam organik tidak mengandung antibiotik profilaksis yang biasanya diberikan untuk mencegah infeksi pada ayam. Serta tidak diberi hormon buatan seperti telur ayam biasa.

Ayam petelur organik juga diberikan pakan khusus yang berasal dari bahan alami tanpa tambahan pakan kimia. Dari sini bisa disimpulkan kalau telur ayam organik jauh lebih sehat dan alami.

Di lain sisi, netizen ada yang menyoroti label pada telur ayam organik yang menandakan kalau ayam tidak diternak dalam kandang.

Baca juga : Ini 9 Fakta Menarik Soal Telur yang Perlu Anda Ketahui (2)

Dilansir dari berbagai sumber, berikut fakta unik seputar telur ayam organik.

1. Ayam diberi pakan khusus

Free range chicken on an organic farm in Austria; Freilandhühner auf einem Bauernhof in OberösterreichHarga Telur Organik Lebih Mahal dari Telur Biasa Foto: Getty Images/iStockphoto/Leonsbox

Telur ayam organik berasal dari ayam yang juga disebut ayam organik. Ayam organik diternak dengan cara khusus dan diberi pakan khusus. Pakan ayam organik ini berasal dari bahan alami yang tanpa mengandung pestisida, herbisida dan pupuk komersial.

Ayam biasanya menyantap tumbuhan alami. Sebut saja misalnya jagung, bekatul, dedaunan hijau, sorgum dan tepung ikan. Berbeda dengan ayam biasa yang pakannya pur atau dedak.

Pakan jenis ini agak sulit didapatkan dan harganya cenderung mahal sehingga membuat ayam organik dianggap istimewa. Ayam organik menghasilkan telur organik yang diklaim lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia termasuk hormon kimia yang biasa disuntikkan pada ayam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Manis Legit Lapis India Khas Banjarmasin"
[Gambas:Video 20detik]