Jajanan Ndeso Ngangeni

Bukan dari Ambon, Ini 5 Fakta Bika Ambon yang Populer di Medan

Riska Fitria - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 13:30 WIB
Fakta tentang kue bika ambon Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni

2. Bahan Bakunya Sederhana

Fakta tentang kue bika ambonFakta tentang kue bika ambon Foto: iStock

Bika ambon dibuat dari bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat. Bahan-bahan pembuatan bika ambon terdiri dari tepung sagu, tepung terigu, air kelapa, ragi, santan, nira, telur, gula, vanili, daun jeruk dan daun pandan.

Proses pembuatan bika ambon dimulai dengan merebus santan dengan campuran daun jeruk dan daun santan. Setelah mendidih, kemudian didinginkan baru dicampur bahan-bahan yang lain satu per satu.

Adonan itu diaduk hingga rata. Lalu, didiamkan selama beberapa jam sampai mengendap. Setelah adonan dimasukkan ke dalam oven dengan api atas dan api bawah hingga mengembang dan kering. Secara tradisional bika ambon dibuat dengan oven seng dengan api dari arang di bagian bawah dengan tutup yang juga diberi api arang. Panas yang stabil dari api arang akan membuat tekstur bika ambon 'bersarang'.

3. Proses Pembuatan 12 Jam

Fakta tentang kue bika ambonFakta tentang kue bika ambon Foto: iStock

Meski bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bika ambon terbilang sederhana, tetapi proses pembuatannya memerlukan waktu yang panjang. Waktu yang dibutuhkan mulai dari membuat adonan hingga memasak ada sekitar 12 jam.

Sebenarnya proses pembuatannya juga sederhana, tetapi setiap tahap memerlukan waktu untuk fermentasi. Seperti pada proses fermentasi adonan yang harus dilakukan selama berjam-jam. Tak hanya itu, untuk pemilihan bahan-bahan pembuatan bika ambon juga ada syarat-syaratnya.

Misalnya telur ayam yang digunakan haruslah yang masih segar atau yang baru menetas satu hari sebelum digunakan. Selain itu juga penggunaan nira yang harus dihasilkan dari pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantai. Konon syarat tersebut agar kue bika ambon dapat mengembang sempurna. Teksturnya berlubang dan berserat dari bagian bawah hingga permukaan kue.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: All You Can It Sabu-sabu Kuah Tomyam di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni