Jajanan Ndeso Ngangeni

Bukan dari Ambon, Ini 5 Fakta Bika Ambon yang Populer di Medan

Riska Fitria - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 13:30 WIB
Fakta tentang kue bika ambon Foto: iStock
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
Jakarta -

Bukan dari Ambon, kue bika ambon merupakan kue tradisional yang populer di Medan. Lantas mengapa namanya ambon?. Berikut fakta tentang kue bika ambon.

Kue bika ambon merupakan salah satu jenis kue basah. Banyak yang mengira bahwa jajanan ini berasal dari Ambon, padahal faktanya kue ini adalah jajanan khas Medan. Ada banyak versi cerita tentang sejarah kue ambon.

Termasuk pada penggunaan nama 'ambon' untuk sebutan kue yang satu ini. Membuat kue ambon terbilang susah-susah gampang. Bahan-bahan yang digunakan sebenarnya sederhana dan mudah didapat. Namun, ada bahan-bahan tertentu yang harus dipakai.

Tak hanya itu saja, proses pembuatan bika ambon memerlukan waktu berjam-jam. Itu agar teksturnya bersarang dari bawah ke atas dan rasanya legit.

Berikut 5 fakta kue bika ambon yang perlu diketahui penggemar kue tradisional.

1. Sejarah Bika Ambon

bika ambonbika ambon Foto: detikFood

Mendengar nama jajanan ini, pasti banyak yang beranggapan bahwa bika ambon berasal dari Ambon. Faktanya bika ambon merupakan jajanan khas Medan. Sebenarnya ada banyak versi cerita tentang bagaimana terciptanya bika ambon sebagai jajanan tradisional.

Melansir dari Pariwisata.pemkomedan.go.id menyebut bahwa dulu ada daerah bernama Amplas yang wilayahnya dibagi dua, yaitu Barat dan Timur sungai. Nah, di bagian Timur disebut 'kebon' karena memang ada banyak kebun. Kemudian kue bika diperkenalkan oleh transmigran asal Jawa yang memasarkan di Medan.

Saat itu banyak orang Belanda yang menyukai kue ini. Hingga akhirnya membuat seorang pedagang keturunan China berinisiatif untuk membantu memasarkan kue bika yang dibuat saat itu. Nama 'ambon' sendiri dipakai dari gabungan nama 'Amplas-Kebon' yang disingkat jadi bika ambon.

Cerita lain menyebut bahwa nama Ambon bukan berdasarkan tempat dibuatnya kue tersebut, melainkan bahasa. Dalam bahasa Medan, kata ambon adalah istilah yang berarti lembut, sesuai dengan tekstur kuenya. Hingga sampai saat ini, belum ada yang memastikan cerita yang mana yang benar-benar menjadi sejarah terciptanya kue bika ambon

Baca Juga : Tips Sukses Membuat Bika Ambon

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: All You Can It Sabu-sabu Kuah Tomyam di Serpong"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni
FOKUS BERITA Jajanan Ndeso Ngangeni