Sakit Perut Setelah Minum Kopi? 3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Riska Fitria - detikFood Minggu, 09 Agu 2020 08:00 WIB
Penyebab sakit perut setelah minum kopi Foto: iStock
Jakarta -

Pernahkah kamu merasakan sakit perut setelah minum kopi? Kondisi tersebut bisa dipicu beberapa hal. Berikut tiga diantaranya.

Kurang lengkap rasanya jika melewati pagi tanpa secangkir kopi. Minum kopi di pagi hari memang dapat membangkitkan semangat, karena adanya kandungan kafein di dalamnya.

Namun, bagi sebagian orang, minum kopi justru menyebabkan mereka sakit perut atau mulas-mulas. Itu dapat terjadi karena beberapa hal, bisa jadi karena perut terlalu sensitif.

Berikut 3 penyebab utama sakit perut setelah minum kopi.

1. Perut Kamu Sensitif Terhadap Asam Kopi

Penyebab sakit perut setelah minum kopiPenyebab sakit perut setelah minum kopi Foto: iStock

Sistem pencernaan kita berjalan dengan lancar karena adanya asam. Senyawa itulah yang dapat mengurai apa yang kita konsumsi. Namun, terlalu terlalu banyak asam lambung juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Dalam hal ini sering dikaitkan dengan minum kopi.

Asam pada kopi disebut dapat meningkatkan asam lambung. Nah, bagi kamu yang mengalami kondisi seperti ini, kamu bisa memilih kopi yang kadar asamnya rendah. Biasanya biji kopi yang diambil dari dataran tak terlalu tinggi memiliki kadar asam yang tak terlampau tinggi.

Cara lain adalah memanggang kopi (roasting) dengan lebih lama. Hasilnya kadar asam pada kopi berkurang, tanpa mengurangi kenikmatan rasanya. Atau kamu bisa menyeduhnya dengan air dingin (cold brew), karena bisa mengurangi kadar asam hingga 66%.

Baca Juga : 6 Kopi Favorit Ini Bisa Ungkap Pribadimu, yang Mana Kopi Pilihanmu?

2. Perut Kamu Sensitif Terhadap Kafein

Penyebab sakit perut setelah minum kopiPenyebab sakit perut setelah minum kopi Foto: iStock

Kafein pada kopi dipercaya dapat membangkitkan energi seseorang. Namun, ada sebagian orang yang justru sensitif terhadap kafein, sehingga menyebabkan sakit perut setiap kali minum kopi. Dilansir dari Java Presse, kafein bisa membuat perut memproduksi lebih banyak asam dari biasanya.

Jadi, walaupun kopi itu tidak terlalu asam, tetapi karena kafein di dalamnya dapat meningkatkan produksi asam yang membuat tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah untuk memilih kopi tanpa kandungan kafein (decaf). Selain itu, perhatikan juga berapa kali kamu minum kopi dalam sehari.

Pastikan agar tidak terlalu banyak. Satu hingga dua cangkir kopi dalam sehari sudah cukup. Cara lain untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi pisang setelah minum kopi. Pisang memiliki sifat basa yang dapat menghilangkan efek asam yang dihasilkan kafein.

3. Minum Kopi saat Perut Kosong

Penyebab sakit perut setelah minum kopiPenyebab sakit perut setelah minum kopi Foto: iStock

Minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa jadi penyebab mulas. Kopi merupakan minuman intens dengan kandungan dan rasa yang sangat kompleks. Jika kamu minum kopi saat perut kosong itu akan menjadi masalah.

Minum kopi di pagi hari memang sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Namun, kamu harus perhatian agar tidak meminumnya tanpa makan terlebih dahulu. Setelah itu, pilih juga biji kopi yang kadar asamnya rendah. Untuk menetralisir sebaiknya banyak minum air putih setelahnya.

Baca Juga : Ini 5 Kopi Termahal Di Dunia dengan Harga Fantastis



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)