Buko Pandan, Dessert Pandan Kelapa Muda Khas Filipina yang Nikmat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 07 Agu 2020 17:30 WIB
Buko pandan Foto: iStock
Jakarta -

Buko pandan kini banyak dijajakan online. Sering dikira dari Indonesia, padahal dessert pandan kelapa muda ini berasal dari Filipina.

Belakangan ini buko pandan menarik perhatian pencinta dessert di Indonesia. Tampilannya memikat selera dengan warna hijau muda dan aroma pandan yang nikmat. Di dalamnya juga berisi lembaran kelapa muda yang gurih manis.

Selintas tampilan buko pandan seperti jajanan tradisional Indonesia, namun faktanya buko pandan berasal dari Filipina. Dessert ini kerap disajikan dalam berbagai pesta, perayaan, dan jamuan makan di sana.

Sebenarnya apa saja bahan buko pandan? Bagaimana cara membuatnya? Dan dimana membelinya di Indonesia? detikFood merangkum serba-serbi soal buko pandan seperti berikut:

1. Apa itu buko pandan?

Buko pandanBuko pandan Foto: iStock

Dikutip dari Panlasang Pinoy (7/8), buko pandan adalah dessert favorit di Filipina yang terbuat dari kelapa muda, daun pandan, dan mutiara sagu sebagai bahan utamanya. Buko sendiri merupakan kata dalam bahasa Filipina yang berarti kelapa muda.

Tampilan dessert ini sering disamakan dengan salad buko yang juga asli Filipina, namun keduanya berbeda. Salad buko merujuk pada salad kelapa muda yang salah satu variasinya adalah buko pandan.

Buko pandan paling nikmat disajikan dalam keadaan dingin, bahkan agak beku. Kalau mau lebih nikmat, orang Filipina biasa menambahkan satu sekop es krim vanilla di atas buko pandan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Topokki Panjang di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]