Keren! Rumah Pria Ini Dihiasi Hampir 10 Ribu Piring Porselen

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 06 Agu 2020 16:30 WIB
Rumah Pria Ini Dihiasi Hampir 10 Ribu Piring Porselen Foto: Oddity Central
Jakarta -

Piring porselen biasanya dijadikan pajangan atau alat makan istimewa, tapi tidak untuk pria Vietnam ini. Ia menggunakan hampir 10 ribu piring porselen sebagai dekorasi rumah!

Seorang pria di Vietnam bernama Nguien Van Truong terobsesi dengan piring porselen antik. Ia sudah mengoleksinya sejak 1986, setahun setelah dirinya berhenti jadi tentara dan kembali ke desanya di Kieu Son, provinsi Vinh Phuc.

Dikutip dari Oddity Central (4/7), saat itu Truong bekerja sebagai tukang kayu. Ia banyak mengecat meja dan kursi milik kolektor barang antik. Kolektor itulah yang pertama kali memperkenalkan Truong pada piring porselen tradisional.

Rumah Pria Ini Dihiasi Hampir 10 Ribu Piring PorselenRumah Pria Ini Dihiasi Hampir 10 Ribu Piring Porselen Foto: Oddity Central

Truong begitu terpana sehingga ia putuskan mengoleksi berbagai macam piring porselen. Ia bahkan sampai ke berbagai pelosok Vietnam untuk mencari porselen antik. Tak dipikirkan lagi olehnya soal harga karena ia menghabiskan banyak uang untuk membeli piring porselen.

Ternyata kecintaan Truong pada piring porselen sulit diterima keluarganya. Pasalnya Truong sampai meminjam uang ke tetangga, saudara, dan teman saat ia ingin menambah koleksi porselen. Tak jarang Truong pergi sendirian ke suatu tempat lalu membeli porselen dan membawa pulangnya dengan tas backpack yang ia gendong berminggu-minggu, bahkan sampai sebulan!

Pria 58 tahun ini tadinya berniat menjual kembali porselen yang sudah ia dapatkan, namun ketika ia melihat banyak barang antik tak terurus, niatnya berubah. Truong putuskan untuk menyimpan sendiri porselen yang ia punya, sampai-sampai bingung mau dibuat apa.

Rumah Pria Ini Dihiasi Hampir 10 Ribu Piring PorselenRumah Pria Ini Dihiasi Hampir 10 Ribu Piring Porselen Foto: Oddity Central

Baca Juga: Tak Mau Hitung Lagi, Kolektor Botol Coca-Cola Ini Sudah Habiskan Rp 515 Juta

Alih-alih hanya menyimpannya di dalam lemari, Truong memiliki ide yang jauh lebih nyentrik. Ia tak ingin porselennya hilang sehingga berpikir untuk menempelkannya saja di dinding rumah.

Akhirnya rumah Truong dipenuhi hampir 10 ribu porselen, baik piring, mangkuk, hingga guci. "Saya pikir satu-satunya cara untuk melindungi warisan leluhur kami adalah dengan menempelkannya ke dinding rumah saya," kata Truong.

Perlahan tapi pasti, Truong mulai menempelkan porselen ke dinding-dinding rumahnya dengan semen. Dari yang hanya dinding di dalam rumah, Truong sampai menempelkan porselen ke pagar hingga gerbang.

Rumah Pria Ini Dihiasi Hampir 10 Ribu Piring PorselenRumah Pria Ini Dihiasi Hampir 10 Ribu Piring Porselen Foto: Oddity Central

Hasilnya, rumah Truong kini jadi pusat perhatian banyak orang karena keunikannya. Beragam porselen menempel dengan kuat, termasuk porselen-porselen antik dari abad 17 dan 18.

Kecintaan Truong pada piring porselen ternyata tak main-main. Ia sudah berpesan pada anak-anaknya untuk tidak menjual atau menghancurkan rumah porselen ini saat dirinya meninggal. "Mereka bisa tinggal di dalamnya (rumah porselen) atau membangun rumah sendiri," tutup Truong.

Baca Juga: Keren! Selama 15 Tahun Pria Ini Jadi Kolektor Produk Milo



Simak Video "d'Happening Viral S3 Marketing Odading Mang Oleh"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)