Trik Marketing Restoran, Tawarkan 3 Porsi Berbeda Pada Menu Makanan

Riska Fitria - detikFood Selasa, 04 Agu 2020 16:30 WIB
Trik marketing restoran Trik marketing restoran Foto: Human How
Jakarta -

Hampir setiap gerai makanan atau minuman menawarkan tiga pilihan porsi yang berbeda, small, medium dan large. Ternyata hal ini merupakan trik marketing restoran.

Banyak trik yang dilakukan restoran untuk meningkatkan penjualan mereka. Salah satu triknya adalah menawarkan tiga porsi yang berbeda pada menu makanan atau minuman. Tiga porsi tersebut ada mulai dari small, medium dan large.

Biasanya rentang harga antara porsi small berbeda jauh dengan porsi medium dan large. Sementara rentang harga medium ke large hanya berbeda sedikit. Nah, hal tersebut adalah trik marketing yang dilakukan restoran untuk meningkatkan penjualan.

assorted junk foodassorted junk food Foto: iStock

Baca Juga : Pakar Ungkap 10 Trik Restoran untuk Mengelabui Pengunjung

Trik marketing restoran tersebut dikenal dengan istilah decoy atau perangkap. Dilansir dari Human How, decoy adalah fenomena di mana konsumen akan cenderung memiliki perubahan spesifik dalam preferensi antara dua pilihan ketika disajikan tiga pilihan yang didominasi secara tidak seimbang.

Dalam trik decoy ini memainkan bias kognitif seseorang untuk memengaruhi pengambilan keputusan, termasuk ketika memesan makanan dan minuman. Misalnya saat membeli popcorn di restoran, seperti yang pernah diuji percobaan oleh National Geographic.

Trik marketing restoranTrik marketing restoran Foto: Human How

Sebagai permulaan, mereka menawarkan dua porsi popcorn, yaitu porsi small seharga Rp 44.000 dan porsi large seharga Rp 104.000. Hasil mengungkap bahwa sebagian besar konsumen memilih untuk membeli ukuran small karena, karena kebutuhan pribadi mereka sendiri.

Kemudian, ditambahkan lagi pilihan porsi pengumpan, yaitu medium seharga Rp 95.000. Hasil menunjukkan bahwa konsumen lebih memilih porsi large karena melihat harganya yang harga terpaut sedikit. Konsumen pasti akan beranggapan, "Lebih baik beli yang ukuran large karena harganya gak beda jauh,".

Trik marketing restoranTrik marketing restoran Foto: Human How

Trik restoran ini masih belum banyak diketahui oleh orang-orang. Sampai akhirnya seorang pengguna TikTok @clarissachristiyan lewat video singkatnya dan menjadi viral. Banyak netizen yang mengaku terperangkap dengan trik tersebut.

"Bener banget kalau ada tiga ukuran, gue pasti beli yang gede. Tapi berujung gak habis," tulis netizen.

"Ini aku banget setiap beli chatime," tulis netizen lainnya.

Baca Juga : Jangan Tertipu! Restoran Pakai 12 Trik Ini untuk Kelabui Pengunjung



Simak Video " Masak Masak: Resep Bikin Bakso Kuburan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)