Dhuaar! Minuman Soda Meledak Saat Disimpan dalam Freezer

Devi Setya - detikFood Senin, 03 Agu 2020 13:30 WIB
soda meledak Foto: istimewa/tiktok

4. Telur dilarang disimpan dalam freezer


Bahan makanan yang satu ini juga tidak direkomendasikan untuk disimpan dalam freezer. Menyimpan telur cukup di suhu ruang ataupun di lemari es karena suhu beku akan merusak struktur telur sehingga bisa membuat kulitnya retak dan pecah.

Telur yang disimpan dalam freezer akan membuat bagian putih dan kuning telur membeku. Jika terlalu lama disimpan maka telur akan semakin mengembang sehingga menyebabkan tekanan dari dalam.

Cangkang telur akan perlahan retak dan pecah jika sudah tak kuat lagi menahan bagian dalam telur yang berkembang. Jika cangkang telur sudah pecah, ini akan mengurangi kualitasnya karena bakteri bisa masuk dengan mudah dan membuat kualitas telur menurun.

5. Yoghurt akan rusak jika disimpan dalam freezer

soda meledaksoda meledak Foto: istimewa/tiktok

Menikmati yoghurt dingin memang enak dan segar, tapi bukan berarti kamu harus menyimpannya dalam freezer. Yoghurt termasuk bahan makanan yang tidak direkomendasikan untuk disimpan dalam suhu beku karena kualitasnya akan menurun.

Dalam keadaan beku, cairan pada yoghurt akan berubah menjadi kristal es, ketika yogurt dicairkan maka teksturnya akan jauh berubah. Yogurt justru jadi lebih cair dan kehilangan tekstur creamy.

Selain tekstur, yoghurt yang disimpan dalam freezer juga memiliki rasa yang berubah jadi lebih tawar. Jika kualitas yoghurt menurun, tentu saja khasiat untuk tubuh juga jadi ikut menurun karena banyaknya mikroba alami yang mati karena suhu beku.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com