Dhuaar! Minuman Soda Meledak Saat Disimpan dalam Freezer

Devi Setya - detikFood Senin, 03 Agu 2020 13:30 WIB
soda meledak Foto: istimewa/tiktok
Jakarta -

Seorang netizen pengguna TikTok kaget bukan kepalang saat membuka freezer di rumahnya. Seketika minuman soda meledak dan pecahan botolnya berhamburan.

Pengguna TikTok dengan nama akun @vnd_putra masih beruntung karena tidak mengalami luka serius usai terkena ledakan dari minuman soda. Ya, minuman soda yang ia simpan dalam freezer ternyata tiba-tiba meledak.

"Perhatian! Jangan sekali-kali menaruh Yu C1000 dan minuman bersoda apapun yang kemasannya berbahan kaca di dalam freezer. Akibatnya bisa seperti ini. Sangat berbahaya bila meledak sewaktu kita membuka freezer tersebut. Pecahan kaca sampai loncat kemana-mana," jelas netizen ini.

Dalam video singkat ini juga diperlihatkan bentuk botol kaca yang pecah tak karuan. Bagian minumannya tampak beku namun botolnya hancur. Tentu saja ini sangat berbahaya karena bisa saja pecahan kaca bisa melukai orang yang membuka freezer.

Dilansir dari berbagai sumber, minuman soda memang dilarang disimpan di dalam freezer. Ketika cairan membeku maka massa jenisnya akan berubah sehingga membuat kemasan mengalami tekanan yang bisa saja membuat kemasan meledak.

Baca juga : Jangan Dibekukan! 12 Makanan Ini Sebaiknya Tak Disimpan Dalam Freezer

Berikut penjelasan soal meledaknya minuman soda dalam freezer dan bahan makanan lain yang dilarang disimpan dalam suhu beku.

1. Mengapa soda meledak dalam suhu beku?

soda meledaksoda meledak Foto: istimewa/tiktok

Minuman yang mengandung soda bisa meledak dalam suhu beku dikarenakan kandungan karbon dioksida yang terus mengembang dalam kemasan minuman. Jika kemasan mampu menahan maka tidak akan terjadi ledakan, namun kebanyakan kemasan minuman tidak kuat menahan tekanan ini.

Kemasan minuman soda berupa plastik, kaca maupun kaleng sama-sama tidak direkomendasikan untuk disimpan dalam freezer. Saat cairan soda membeku maka minuman ini seolah bisa jadi bom yang siap meledak saat pintu freezer dibuka.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Santap Ikan Kerapu Raja dan Udang Vaname"
[Gambas:Video 20detik]