Bikin Laper! Tongseng dan Sate Kambing Racikan Pak Min Solo

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 02 Agu 2020 07:30 WIB
Bikin Laper Foto: Bikin Laper
Jakarta -

Duo Bikin Laper kali ini mengajak foodies menikmati seporsi tongseng dan sate kambing khas Solo. Yuk, kepoin petualangan kuliner mereka!

Episode Bikin Laper Trans TV kali ini menampilkan Dimas Beck dan Ncess Nabati yang menyambangi warung Tongseng dan Sate Pak Min Solo. Lokasinya di Jalan Tebet Timur Dalam 2 No. 49, Jakarta.

Jadi tak perlu jauh-jauh lagi ke Solo untuk menikmati tongseng dan sate kambing nikmat. Warung makan ini juga jadi salah satu yang legendaris di Jakarta. Banyak orang menjagokan rasa racikan Pak Min.

Baca Juga: Bikin Laper! Sedapnya Nasi Kuning Berlauk Empal Empuk

Bikin LaperBikin Laper Foto: Bikin Laper

Duo Bikin Laper memesan menu andalan warung makan yaitu tongseng dan sate kambing. Tongsengnya menggunakan kuah gule dengan tambahan bumbu lainnya, serta pelengkap seperti irisan kol (kubis), tomat hijau, dan cabai rawit (kalau suka).

Mereka pun mencicipi kuahnya terlebih dahulu. Menurut mereka rasanya 'endol' alias enak banget. Setelah itu mereka menambahkan perasan jeruk nipis, acar timun, dan sambal yang tak boleh terlewatkan.

Saat ditambahkan pelengkap lainnya, rasa tongseng sapi makin enak. Suapan pertama dengan nasi putih hangat pun terasa sangat nikmat menurut mereka.

Dimas Beck juga mengatakan kalau daging sapi yang digunakan sangatlah lembut. Lalu menurut Ncess Nabati kuah yang digunakan pada tongseng sangat terasa sekali rempahnya.

Bikin LaperBikin Laper Foto: Bikin Laper

"Bener banget mas Dimas, ini memang ancaman banget. Guys, ini kuahnya rempahnya tuh berasa banget dan ini nyaman banget. Dan ini sama sekali ngga ada bau amis," ungkap Ncess Nabati.

Mereka tak berhenti di satu suapan saja, berkali-kali mereka juga mengatakan kalau tongseng ini adalah 'ancaman' karena rasanya yang lezat. Saat menilai tongseng itupun, Dimas Beck memberikan nilai 9 sedangkan Ncess Nabati memberikan nilai 10.

Selanjutnya Dimas Beck dan Ncess Nabati menikmati sate sapi dan kambing dari Pak Min Solo. Sate diracik dengan tambahan kecap manis.

Keduanya lantas mencelupkan sate ke dalam kuah tongseng. Saat gigitan pertama mereka terkejut karena teksturnya sangat empuk. Bahkan Ncess Nabati yang menikmati sate kambing heran karena biasanya daging kambing itu agak alot.

Bikin LaperBikin Laper Foto: Bikin Laper

"Guys, menurut aku sate sapinya ini mirip banget sama yang namanya sate-sate kayak yang ada di Jawa," ungkap Dimas Beck.

Tak hanya sate sapi, Dimas Beck juga menikmati sate kambing milik Ncess Nabati. Dan ia terkejut karena tak ada bau prengus sama sekali. Menurut Dimas Beck rasanya juga lebih enak yang daging kambing.

Bagi foodies yang selalu menantikan rekomendasi makanan enak, jangan lewatkan Bikin Laper ya! Program ini tayang setiap hari di Trans TV pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Bikin Laper! Makan Kare Kepiting dan Sup Brenebon yang Gurih Mantap



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)