5 Tradisi Idul Adha di Indonesia, Ada yang Dandani Sapi Jadi Cantik

Devi Setya - detikFood Sabtu, 01 Agu 2020 12:00 WIB
tradisi idul adha Foto: istimewa

4. Grebeg gunungan

tradisi idul adhatradisi idul adha Foto: istimewa


Grebeg gunungan kerap digelar ketika Idul Adha dan menyambut Tahun Baru Islam. Di Yogyakarta, tradisi ini selalu menyedot perhatian masyarakat sekaligus wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Untuk grebeg gunungan Idul Adha, ada gunungan yang dibuat masyarakat. Biasanya dalam jumlah ganjil yakni 3, 7, 9 dan seterusnya. Gunungan ini akan diarak beramai-ramai bersama warga mulai dari keraton hingga masjid. Warga juga memanjatkan doa sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus harapan atas rezeki yang sudah diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Acara puncaknya, gunungan yang terdiri dari sayuran, buah dan aneka makanan ini dibagikan untuk warga. Saking antusiasnya, warga biasa memperebutkan gunungan dengan saling tarik menarik. Maayarakat percaya, makanan yang didapat dari gunungan ini akan membawa rejeki dan juga keberkahan.

5. Bakar sate

Tradisi bakar sate kerap dilakukan di kota besar seperti Jakarta. Biasanya warga akan memasak daging sapi dan kambing dengan cara disate. Tradisi nyate saat Idul Adha ini dilakukan hampir setiap warga di depan atau halaman rumahnya.

Momen Idul Adha biasanya jadi ajang kumpul keluarga, sambil kumpul sambil bakar sate. Kegiatan nyate bersama ini juga dilakukan secara gotong royong. Ada yang memotong daging, membakar sate hingga menyiapkan bumbu.

Setelah matang, sate biasa langsung dijadikan menu makan. Bisa dengan nasi atau ketupat. Tradisi Idul Adha ini juga kerap jadi ajang silaturahmi antar keluarga dan juga tetangga. Sudah dapat daging kurban? Yuk bikin sate!

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Cara Menghitung Protein Daging Sapi-Kambing yang Harus Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com