5 Tradisi Idul Adha di Indonesia, Ada yang Dandani Sapi Jadi Cantik

Devi Setya - detikFood Sabtu, 01 Agu 2020 12:00 WIB
tradisi idul adha Foto: istimewa
Jakarta -

Indonesia punya tradisi unik dalam setiap perayaan hari besar. Saat Idul Adha, masyarakat di beberapa daerah punya tradisi Idul Adha yang dilakukan setiap tahun.

Di Semarang ada tradisi Apitan yang menghadirkan gunungan berisi hasil pertanian. Sementara di Pasuruan, masyarakat selalu mendandani hewan kurban yang dikenal dengan sebutan manten sapi.

Setiap tradisi ini dilakukan sebelum ataupun setelah Idul Adha. Tujuan digelarnya tradisi ini tak lain adalah sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat. Dengan adanya gelaran ini, masyarakat dari berbagai kalangan hadir untuk berkumpul. Interaksi antar warga makin terasa hangat dibalut kegiatan ibadah untuk mendekatkan diri dengan Sang Khalik.

Baca juga : Ini 10 Tradisi Makan Besar Idul Adha di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 tradisi Idul Adha yang kerap dilakukan di Indonesia.

1. Manten sapi

tradisi idul adhatradisi idul adha Foto: istimewa

Setiap Idul Adha, masyarakat di Pasuruan Jawa Timur punya tradisi unik yang disebut manten sapi atau mantenan sapi. Sesuai dengan namanya, sapi dan kambing yang kurban akan didandani layaknya manten atau pengantin. Setelah didandani, sapi dan kambing akan diarak keliling kampung oleh warga setempat.

Hiasan yang digunakan untuk mendandani sapi dan kambing ini antara lain kalung kembang 7 rupa, kain kafan dab sorban. Kain kafan dijadikan penutup tubuh kambing dan sapi sebagai simbol kesucian. Tepat setelah sholat ied, hewan kurban ini akan langsung disembelih dan dagingnya dibagikan ke warga.

Tak hanya sampai di situ, warga yang berkumpul juga kerap memasak daging kurban bersama. Alat masak dan bumbu dapur juga dibawa oleh masyarakat. Kegiatan masak dilakukan secara gotong royong baik pria maupun wanita. Puncaknya, warga akan makan bersama di tanah lapang. Hal ini selalu jadi tradisi yang dinanti warga.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tumis Daging Sapi dengan Sayur Wortel Brokoli"
[Gambas:Video 20detik]