Sajian Maknyus Idul Adha

Resep Sop Kambing Empuk Tanpa Bau Prengus

Devi Setya - detikFood Jumat, 31 Jul 2020 14:00 WIB
sup kambing bening Foto: Sonia/detikfood

2. Proses perebusan


Sop kambing berbeda dengan soto karena kuahnya cenderung bening. Untuk membuat kuah yang bening dibutuhkan perlakuan khusus ketika merebus daging kambingnya.

Langkah yang harus dilakukan yakni merebus daging kambing dengan air secukupnya. Daging kambing harus direbus hingga mendidih dan teksturnya agak empuk. Jika ada busa dan buih yang menggenang harus langsung dibuang karena busa ini bukanlah sari daging melainkan kotoran dan darah kambing.

Rebus daging hingga setengah matang dan busa tidak lagi menggenang. Jika busa dan buih ini dibuang maka kaldu sop kambing akan bening.

3. Tidak perlu bumbu halus

sup kambing beningsup kambing bening Foto: Sonia/detikfood


Hal lain yang membuat kaldu sop kambing jadi keruh adalah penggunaan bumbu halus. Sop kambing memang diracik dengan banyakbunbu dan rempah namun tidak perlu dihaluskan karena bumbu bisa langsung dimasukkan sebagai campuran.

Bumbu sop kambing yang terdiri dari merica, kayu manis, cengkih dan pala bisa langsung dimasukkan utuh ataupun menggunakan bumbu bubuk. Sementara untuk bawang merah dan bawang putih cukup diiris dan dimemarkan saja.

Bumbu tambahan seperti tomat dann irisan daun bawang bisa ditambahkan sesaat sebelum sop kambing matang. Dengan teknik perebusan seperti ini, sop kambing akan bening namun rasa bumbunya kuat.

Baca juga : Hangatnya Semangkuk Sop Kambing Sedap Berempah di 5 Tempat Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sop Kaki Kambingnya Dudung Roxy Gurih dan Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]