Kontroversi Larangan Sandal Jepit di Langit Seduh dan Tanggapan Pedas Netizen

Devi Setya - detikFood Kamis, 30 Jul 2020 14:30 WIB
kontroversi sandal jepit di langit seduh Foto: instagram @langitseduh / @happyjehan
Jakarta -

Pengunjung yang datang ke Langit Seduh tidak diperbolehkan memakai sandal jepit. Aturan ini menuai kontroversi dan bikin netizen nyinyir dengan tanggapan pedas.

Kafe Langit Seduh menjadi tujuan hangout anak muda karena suasananya yang cozy. Kafe kasual yang berkonsep rooftop ini tengah menjadi perbincangan publik setelah sang pemilik mengeluarkan larangan bagi pengunjung yang mengenakan sandal jepit.

Pemilik Langit Seduh yang bernama Happy Jehan ini membuat aturan yang kemudian dipublikasi lewat instagram pribadinya. Happy merasa terganggu dengan pemandangan para pengunjung yang datang dengan alas kaki sandal jepit.

Happy tidak peduli harga sandal jepit yang dikenakan pengunjung, baik itu sandal mahal ataupun murah, Happy tetap melarangnya. Curhat panjang lebar dibeberkan oleh Happy yang beranggapan kalau sandal jepit tidak pantas dipakai hangout di kafe miliknya.

Baca juga : Heboh Kafe Larang Pengunjung Pakai Sandal Jepit, Begini Penjelasannya

Berikut beberapa fakta unik terkait kafe Langit Seduh yang melarang pengunjung pakai sandal jepit.

1. Kafe beroperasi sejak 2018

kontroversi sandal jepit di langit seduhkontroversi sandal jepit di langit seduh Foto: instagram @langitseduh / @happyjehan

Kafe Langit Seduh terbilang tempat nongkrong baru. Soft opening kafe ini dilakukan pada 1 September 2018. Dengan mengusung konsep rooftop kafe, tempat ini langsung jadi tujuan para foodies dan milenial yang ingin menghabiskan malam di Jakarta sambil makan dan minum.

Langit seduh yang memiliki tagline "Ngopi di Langit" ini langsung hits dan setiap hari tak pernah sepi pengunjung. Terlebih di akhir pekan, pengunjung akan membludak memadati area makan yang tersedia dalam pilihan lesehan ataupun dengan meja dan kursi.

Meskipun usia kafe ini baru berjalan 1,5 tahun tapi popularitasnya sudah melebihi kafe lama yang sudah lebih dulu eksis. Di area Langit Seduh juga ada area kolam renang yang bisa jadi spot berfoto.

2. Area kafe instagramable

kontroversi sandal jepit di langit seduhkontroversi sandal jepit di langit seduh Foto: instagram @langitseduh / @happyjehan


Karena berada di area rooftop, kafe ini baru buka sore hingga malam. Pemandangan dari kafe ini memang menggoda. Pengunjung bisa melihat momen romantis matahari tenggelam dan juga kerlip bintang serta lampu gedung di sekitar kafe.

Suasana ini membuat kafe jadi tampak instagramable. Apalagi kafe juga didesain dengan suasana kasual. Ada area lesehan yang disediakan dengan bean bag, pengunjung menjadikan area ini sebagai spot berpose. Demikian juga area pinggir kafe yang berlatar gedung-gedung dengan kerlip lampu.

Beberapa pengunjung sengaja datang dengan outfit kece agar hasil fotonya bisa dipamerkan di media sosial. Tapi ada juga yang memilih berdandan santai dengan kaos dan celana pendek, lengkap dengan sandal jepit. Pengunjung seperti inilah yang dipermasalahkan oleh sang pemilik Langit Seduh.

3. Pemiliknya kakak beradik selebgram

kontroversi sandal jepit di langit seduhkontroversi sandal jepit di langit seduh Foto: instagram @langitseduh / @happyjehan

Pemilik kafe Langit Seduh diketahui bernama Happy Jehan, wanita berhijab ini ternyata kakak dari selebgram Caca Zeta. Happy dan Caca kerap mengunggah foto Langit Seduh. Tapi sejauh ini Happy adalah orang yang paling sering berpromosi Langit Seduh.

Selain punya kafe Langit Seduh, Happy juga punya bisnis kuliner lain dengan nama Dapoer None. Berbeda dengan Langit Seduh, untuk Dapoer None ini menyediakan layanan catering serta nasi tumpeng. Di sini juga ada produk donat yang unik karena disusun seperti buket bunga.

Baca juga : Langit Seduh : Sensasi Bersantap Romantis di Kafe Beratap Langit

4. Larangan pengunjung pakai sandal jepit

owner kafe larang sandal jepitowner kafe larang sandal jepit Foto: instagram @langitseduh / @happyjehan

Sejak tanggal 28 Juli, Happy diketahui kerap mengunggah kekesalannya pada pengunjung Langit Seduh yang datang dengan pakaian asal. Happy menegaskan rasa kesalnya pada pengunjung yang mengenakan sandal jepit. Menurutnya, alas kaki ini tidak pantas dipakai untuk hangout ke kafenya.

"Sebenernya gw ga pernah kepikiran sedikit pun kalau akan ada orang yang ga malu keluar rumah pake mukena + daster selutut/baju tidur piyama + sandal jepit, sandal hotel, bakalan PD naik ke rooftop Langit Seduh yang gw udah capek2 ngedandaninnya. View udah cakep didominasi oleh orang-orang yang gw anggep kurang menghargai dirinya sendiri. Menurut gw sandal jepit macem ini pantesnya paling jauh gaulnya ke Alfa/Indomaret depan komplek, ga pantes kalo gaul ke rooftop," beber Happy pada instastory (28/7).

Meski mendapat sambutan dingin netizen, Happy tetap tegas dengan aturannya. Menurutnya, wajar saja membuat aturan di kafenya.

5. Larangan ini mendapat sindiran netizen

kontroversi sandal jepit di langit seduhkontroversi sandal jepit di langit seduh Foto: instagram @langitseduh / @happyjehan

Mengetahui ada larangan pakai sandal jepit di Langit Seduh, netizen langsung ramai memberi tanggapan. Banyak yang melemparkan komentar pedas di kolom komentar instagram Happy, instagram Langit Seduh maupun di penilaian Google.

"Ke tanah suci aja boleh pake sandal jepit, masa ke tempat lu ga boleh," kata netizen.

"Bagaimana kalian memperlakukan kastamer, difoto diam-diam lalu dishaming. I don't think I want to visit your place, ever. Be better. Also, menu pake comic sans kok ngarep middle to highend yang berkunjung? Again, be better," beber selebgram Amrazing.

"Kaka kalo pakai bakiak ke sana boleh nggak?" canda netizen.

"Monmaap nih tapi kursi lo kayak warung bubur kacang ijo deket rumah gue. Menu pake font comic sans aja belagu nggak nerima customer pake sandal jepit," sahut netizen lain.

"Maap saya nggak jadi ke sana, soalnya masih pake daster dan sandal jepit. Takut diusir," pungkas netizen.



Simak Video "Sensasi Bersantap Romantis di Kafe Beratapkan Langit"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)