Pertama Mencicipi Soto Ayam, Wanita Korut Ini Langsung Ketagihan

Devi Setya - detikFood Kamis, 30 Jul 2020 10:30 WIB
orang korea utara coba soto ayam Foto: youtube Sunny & Chris
Jakarta -

Soto ayam jadi salah satu makanan Indonesia yang populer di luar negeri. Kali ini soto ayam disajikan di Korea dan dicicip orang Korea Utara. Apa komentarnya?


Youtuber asal Korea Selatan, Sunny Dahye dan Chris sengaja membuat soto ayam untuk disajikan pada tamunya yang tak lain adalah wanita asal Korea Utara. Sunny yang fasih berbahasa Indonesia ini mencoba membuat soto ayam sendiri di rumahnya.

Sunny yang menghabiskan masa kecil hingga remaja di Indonesia ini tentu saja sudah hafal dengan rasa soto ayam. Ia juga tahu isian pada soto ayam, namun kali ini ia mengandalkan bumbu instan untuk meracik soto ayam.

orang korea utara coba soto ayamorang korea utara coba soto ayam Foto: youtube Sunny & Chris

Baca juga : 5 Makanan Korea Utara Terkenal Menurut Guide yang 183 Kali ke Sana

Lewat video berdurasi 11 menit Sunny menjelaskan kalau ia membeli berbagai bahan untuk membuat soto ayam. Ia menunjukkan sudah menyiapkan ayam, kol, tauge, kentang, soun dan jeruk nipis serta bawang goreng.

Setelah semua bahan siap, Sunny langsung memasak soto ayam ini. Ia bahkan memuji rasanya yang enak saat soto sudah matang, demikian juga Chris yang sempat mencicip masakan Sunny. "Soto ayam Indonesia goes to Korea," ujar Sunny sambil tertawa.

Tamu yang ditunggu Sunny dan Chris akhirnya tiba. Wanita bernama Nara Kang ini tak lain adalah warga Korea Utara yang sedang berkunjung ke Korea Selatan. Tak mau menyiakan kesempatan langka ini, Sunny lantas mengajak Nara mencicipi soto ayam buatannya.

Pertama kali melihat soto ayam, Nara mengatakan tampilannya mirip seperti kari karena berkuah kuning. Saat dicicip, ternyata Nara sangat suka dengan rasanya. Soto ayam terus disantap dengan lahap. Nara juga memuji isian soto yang menurutnya enak dan bervarian.

Mendengar pujian dari Nara, Sunny lantas tersipu malu. Ia menjelaskan kalau soto ayam ini termasuk makanan yang paling populer di Indonesia. "Orang Indonesia makan soto ayam saat sarapan, makan siang dan makan malam. Ini sangat terkenal," jelas Sunny.

orang korea utara coba soto ayamorang korea utara coba soto ayam Foto: youtube Sunny & Chris

Baca juga : Injogogibap hingga Talpi, Ini 5 Camilan Populer di Korea Utara

Sambil makan, Nara mengungkapkan kalau ia sangat ingin pergi ke Indonesia khususnya ke Bali. Pulau Dewata ini terkenal sebagai destinasi bulan madu namun Nara juga ingin ke Bali bersama teman-temannya.

"Ingin ke Bali, banyak orang honey moon. Tapi kalaupun bukan honey moon, saya mau ke sana bersama teman. Penginapan sangat mahal jadi masih pikir-pikir," ujar Nara.

Nara juga mengungkap kalau di Korea Utara sangat sulit menyantap daging. Orang-orang hanya makan daging saat hari raya saja. "Orang makan sup setiap hari, termasuk kaya. Kalau orang makan mie termasuk miskin. Daging hanya dimakan saat hari raya, harganya sangat mahal," pungkas Nara.



Simak Video "Inovasi Warga +62: Sushi Soto Ayam hingga Sushi Boba!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)