Sajian Maknyus Idul Adha

Resep Sop Iga Berkuah Bening dengan Daging Empuk

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 28 Jul 2020 09:00 WIB
sop sapi gosyen
Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Resep sop iga ini bisa jadi panduan untuk membuat hidangan berkuah segar. Membuatnya mudah, namun butuh trik agar hasilkan kuah yang bening.

Bosan sate atau gulai untuk Idul Adha? Coba bikin hidangan berkuah segar seperti sop iga. Paduan iga sapi yang empuk dengan kuah kaldu yang gurih terasa menyegarkan. Apalagi ada tambahan sayuran yang membuatnya makin bernutrisi.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Babat Agar Tidak Bau Tajam

Sop iga jadi pilihan tepat untuk anak-anak yang tak suka hidangan Idul Adha dengan bumbu terlalu kuat. Nah, kalau mau membuat sop iga yang bening, kuncinya ada pada proses perebusan. Pastikan air rebusan iga benar-benar bersih dari lemak.

Lalu bumbunya bisa memakai paduan mentega, bawang bombai, bawang merah, dan bawang putih yang ditumis lebih dulu untuk rasa gurih. Juga tambahan merica bubuk, pala bubuk, dan garam.

Berikut resep sop iga berkuah bening, plus tips untuk membuatnya:

1. Pilih iga sapi yang segar

Iga sapiIga sapi Foto: dok. detikFood

Sop iga bisa dibuat saat Anda mendapat jatah pembagian daging kurban berupa iga sapi yang bagus. Ditandai dari warnanya yang merah segar, tak berbau, dan memiliki lapisan lemak berwarna putih susu, bukan kuning tua.

Lemak yang putih susu menandakan sapi masih muda dan jika dimasak akan lebih cepat empuk ketika dimasak. Pilih juga yang lapisan lemaknya tak terlalu banyak. Potong-potong iga melintang 5 cm.

2. Rebus iga

Resep sop igaResep sop iga Foto: Getty Images/iStockphoto/Creative life, looking for speci

Iga sapi harus dicuci bersih sebelum diolah. Cuci di bawah air mengalir sampai kotoran dan bekas darahnya terbuang. Setelah itu, rebus iga sapi di dalam panci sampai mendidih. Kemudian angkat dan buang air rebusan pertama ini.

Selanjutnya rebus kembali iga dalam panci dengan air secukupnya. Didihkan dengan api kecil sampai tekstur iga benar-benar empuk. Jika ada kotoran atau sisa lemak yang mengapung di atas permukaan air rebusan, bisa segera dibuang lagi.

Untuk memastikan seluruh lemak dan kotoran terbuang, cara lain adalah dengan menaruh centong isi es batu di atas air rebusan iga. Kemudian putar-putar centong itu, tapi jangan sampai es batunya terendam air. Cara ini membuat lemak berkumpul mengitari centong dan bisa langsung dibuang.

3. Bumbu sop iga

Resep sop igaResep sop iga Foto: Getty Images/iStockphoto/Creative life, looking for speci

Gunakan mentega tawar untuk menumis bumbu agar aromanya lebih wangi. Berupa bawang bombai atau bawang merah yang sudah dicincang kasar dan 2 atau 3 siung bawang putih yang dimemarkan.

Masukkan bawang bombai dan bawang putih tumis ini ke dalam kaldu dan masukkan ke dalam rebusan iga. Tambahkan merica bubuk, pala bubuk dan garam.

Berikut resep sop iga berkuah bening:

Bahan:
1 kg iga sapi, potong-potong
100 g bawang bombai, cincang kasar
2.5 liter air
3 cm kayu manis
1 sendok teh pala bubuk
3 batang daun bawang, potong-potong
1 batang seledri, iris kasar
2 sdm mentega tawar

Bumbu, haluskan:
8 siung bawang putih
1 sendok teh merica butiran
3 sendok teh garam

Cara Membuat sop iga sapi :

Rebus iga dalam air secukupnya hingga mendidih. Buang kotoran dan busa yang ada di permukaan kaldu.
Lelehkan mentega, tumis bawang bombai dan bumbu halus sampai harum.
Angkat dan masukkan ke dalam rebusan iga sapi.
Tambahkan kayu manis, dan pala.
Masak dengan api kecil sampai daging lunak. Jika perlu tambahkan air panas.
Masukkan daun bawang, angkat.
Taburi seledri dan bawang goreng.

4. Sayuran sop iga

Resep sop igaResep sop iga Foto: Getty Images/iStockphoto/Creative life, looking for speci

Sop iga juga enak ditambahkan beragam sayuran seperti wortel, kentang, buncis, tomat, dan brokoli. Potong-potong sayuran lebih dulu dalam ukuran sama supaya bisa matang bersamaan.

Kemudian masukkan sayuran saat iga sudah empuk. Dahulukan sayuran bertekstur keras seperti kentang, disusul wortel, lalu buncis, tomat, dan brokoli.

5. Sajikan sop iga

sop sapi gosyenResep sop iga Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Sop iga paling enak disajikan hangat-hangat. Supaya makin harum enak, tambahkan bawang goreng dan irisan daun bawang sesaat sebelum disajikan. Kemudian siapkan juga pelengkap seperti sambal rawit, jeruk nipis, dan emping agar rasanya makin enak.

Baca Juga: 7 Tips Bersihkan Kikil dan Mengolahnya untuk Sajian Idul Adha!



Simak Video "Bikin Laper: Rekomendasi Empal Daging yang Empuk dan Renyah di Tebet"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)