Sajian Maknyus Idul Adha

Cara Mengolah Kaki Kambing Agar Tak Bau Prengus

Devi Setya - detikFood Minggu, 26 Jul 2020 08:00 WIB
mengolah kaki kambing Foto: iStock
Jakarta -

Tidak melulu bagian daging kambing, terkadang saat Idul Adha juga ada warga yang mendapat bagian kaki kambing. Begini cara mengolah kaki kambing agar tak bau prengus.

Kalau Anda mendapat bagian kaki kambing saat Idul Adha, jangan dulu mengernyitkan dahi. Kaki kambing juga enak diolah jadi sop atau gulai. Cara membersihkan dan mengolahnya juga tidak sulit.

Dibutuhkan trik khusus untuk membuat bagian kaki kambing bebas bau dan rasanya enak. Hal yang harus diperhatikan adalah membersihkan kaki kambing dengan benar serta memasaknya bersama banyak bumbu.

Berikut cara mengolah kaki kambing agar hasilnya enak dan tidak berbau prengus.

1. Bersihkan kaki kambing dari bulu

mengolah kaki kambingmengolah kaki kambing Foto: iStock


Biasanya bagian kaki kambing masih memiliki bulu-bulu yang melekat pada kulitnya. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan bulu kaki kambing yakni dengan cara dibakar di atas bara api.


Bakar bagian kaki kambing sambil diputar perlahan, saat membakar kaki kambing jangan ditinggal karena akan gosong. Setelah dibakar, rendam dalam air hangat selama 30 menit hingga seluruh bulu rontok dan bersih. Kalau masih ada sedikit bulu yang tertinggal, Anda bisa membersihkannya dengan pisau.

Baca juga : Sekali-sekali Jajan Sop Kaki Kambing yang Gurih Nikmat

2. Rebus kaki kambing


Setelah kaki kambing bersih, rebus dalam air mendidih. Proses merebus kaki kambing ini cukup memakan waktu lama yakni 2-3 jam. Kalau Anda mau proses yang lebih cepat, bisa menggunakan panci presto.

Rebus kaki kambing sampai empuk. Jangan lupa tambahkan berbagai bumbu seperti daun jeruk, jahe, lengkuas dan serai untuk mengurangi aroma prengus pada kaki kambing.


3. Tiriskan kaki kambing

mengolah kaki kambingmengolah kaki kambing Foto: iStock


Setelah direbus, kaki kambing bisa diangkat dan ditiriskan. Buang air hasil rebusan dan jangan digunakan sebagai kaldu masakan karena aromanya cukup prengus. Kaki kambing yang sudah direbus ini kemudian bisa langsung diolah menjadi sup atau gule.

Jika kaki kambing masih beraroma prengus yang kuat, bilas dengan air panas. Cara ini cukup efektif menghilangkan aroma prengus pada kaki kambing. Anda juga bisa menyiasati aroma prengusnya dengan memasak menggunakan banyak bumbu.

4. Gunakan banyak bumbu


Memasak kaki kambing memang susah-susah gampang. Siasat untuk menutupi aroma prengusnya yakni dengan menggunakan banyak bumbu dan rempah. Kaki kambing biasanya identik dengan sajian berkuah seperti sop, gulai atau kari.

Gunakan banyak bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, serai hingga daun salam. Manfaatkan juga aneka rempah seperti kayu manis, cengkeh, lada dan pala bubuk yang aromanya cukup kuat untuk menutupi aroma prengus. Anda juga bisa menambahkan santan agar masakan jadi lebih gurih.

Baca juga : Ini Cara Ampuh Hilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing

5. Sajikan hangat

mengolah kaki kambingmengolah kaki kambing Foto: iStock


Hidangan berkuah paling nikmat disajikan hangat. Jadi hidangkan menu olahan kaki kambing ini saat masih hangat. Ketika dingin, biasanya masakan akan kurang sedap dan aroma prengus kerap hadir ketika masakan sudah dingin.

Bagian sumsum tulang kambing juga akan terasa lembut dan nikmat saat disajikan hangat. Nikmati segera olahan kaki kambing hangat bersama pelengkap nasi putih.



Simak Video "Gurihnya Kuah dari Sop Kaki Kambing Dudung Roxy"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com