5 Fakta Arak Bali yang Disebut Bisa Sembuhkan OTG Corona

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 24 Jul 2020 16:30 WIB
Ilustrasi arak Bali Foto: Getty Images/iStockphoto/Neustockimages
Jakarta -

Arak Bali kini tengah jadi perbincangan hangat setelah disebut efektif sebagai 'obat' virus Corona. Hal ini diungkap Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Arak Bali merupakan minuman alkohol khas Pulau Dewata yang terbuat dari fermentasi nira kelapa atau beras merah. Proses pembuatan arak Bali umumnya masih tradisional, dilakukan kelompok masyarakat di desa-desa.

Arak Bali mengandung alkohol dalam kadar bervariasi. Mulai dari 15, 20, hingga 40 persen alkohol. Namun berbeda dengan minuman alkohol lain, arak Bali juga identik dengan pengobatan tradisional di Bali.

Nama pengobatan itu adalah usada dengan cara terapi arak Bali. Efeknya disebut-sebut positif untuk pasien COVID-19 tanpa gejala atau kerap disebut Orang Tanpa Gejala (OTG) corona. Tingkat kesembuhan OTG yang mendapat terapi arak Bali bahkan sampai 80 persen.

Sebenarnya apa itu arak Bali dan bagaimana kaitannya dengan virus Corona? detikFood merangkum 5 fakta arak Bali seperti berikut:

1. Gubernur Bali klaim manfaat terapi arak Bali untuk penyembuhan OTG Corona

Ilustrasi arak BaliIlustrasi arak Bali Foto: Dewi Sri

Belum lama ini Gubernur Bali, I Wayan koster mengklaim manfaat terapi arak Bali. Kabarnya OTG Corona yang baru positif COVID-19, pada hari ketiga bisa negatif dan sembuh usai jalani terapi arak Bali.

Arak Bali yang digunakan adalah yang sudah didestilasi khusus. Lalu diuji coba dengan ekstraksi daun jeruk purut (lemon) dan minyak kayu putih.

Koster mengklaim tingkat kesembuhan terapi arak Bali mencapai 80 persen terutama untuk mereka yang tanpa gejala. Pada percobaan awal, ada 19 sampel yang dicoba dan hasilnya sebanyak 15 pasien sembuh. Jumlah sampel kemudian terus ditingkatkan hingga mencapai ratusan.

Baca Juga: Gubernur Bali: Terapi Arak Bali Efektif Sembuhkan OTG Corona

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Canadian Lobster Berlumur Saus Salted Egg"
[Gambas:Video 20detik]