Hari Anak Nasional, Ini 5 Makanan Favorit Anak

Riska Fitria - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 18:00 WIB
Makanan yang disukai anak Makanan yang disukai anak Foto: iStock
Jakarta -

Bicara soal makanan favorit anak, biasanya anak menyukai rasa manis. Ada beberapa makanan yang disukai anak dan menjadi favorit.

Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Setiap tahun selalu memiliki tema tertentu. Nah, tema yang diusung tahun ini adalah 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju'. Tema tersebut disesuaikan dengan pandemi COVID-19, di mana ada sekitar 79 juta anak Indonesia yang membutuhkan perlindungan.

Perlindungan pada anak bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya pada jenis makanan yang diasup. Biasanya anak-anak menyukai makanan manis. Ada beberapa makanan yang disukai anak-anak dan sudah menjadi identik.

Meskipun menjadi kesukaan anak-anak tetapi orangtua harus tetap memperhatikan pengkonsumsiannya. Makanan manis jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh anak. Apalagi daya tahan anak masih terbilang lemah.

Berikut 5 makanan yang disukai anak-anak.

1. Permen

Makanan yang disukai anakMakanan yang disukai anak Foto: iStock

Permen menjadi salah satu makanan yang disukai anak kecil. Itu karena permen memiliki rasa yang manis. Apalagi permen hadir dalam berbagai varian rasa, mulai dari rasa cokelat hingga rasa buah-buahan yang menyegarkan.

Belum lagi permen-permen dibuat dalam berbagai bentuk, seperti permen lolipop berbentuk bulat, bunga, hewan, bintang atau ada juga permen tanpa tongkat yang tinggal langsung dimakan. Harga permen yang terbilang murah membuat anak kecil sering diberi hadiah permen oleh orang tuanya.

Namun, perhatikan anak agar jangan sampai terlalu banyak mengonsumsi permen. Ada banyak risiko penyakit bagi anak yang disebabkan terlalu banyak mengonsumsi permen, yaitu obesitas hingga kerusakan pada gigi.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan kapan anak kecil boleh makan permen. Dilansir dari situs Jill Castle, Amerikan Heart Association (AHA) menyebut bahwa anak bayi dan balita sebaiknya tidak mengonsumsi permen di bawah usia 2 tahun.

Baca Juga : Agar Anak Makin Cerdas, Perhatikan Kualitas Makanan dan Asupan Cairannya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3