Waduh! Makan Ikan Mentah, Hati Pria Ini Digerogoti Cacing

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 13:01 WIB
Makan Ikan Mentah Foto: Asia Wire/Ist
Jakarta -

Kebiasaan menyantap daging mentah bisa berakibat fatal pada kesehatan. Seperti pria asal China ini yang hatinya digerogoti cacing usai menyantap ikan mentah.

Banyak bakteri atau parasit pemakan daging yang menjadi masalah utama dalam mengonsumsi daging mentah dan daging ikan mentah. Terutama di wilayah Asia, di mana banyak orang yang terinfeksi berbagai macam penyakit usai menyantap daging mentah.

Baca Juga: Akibat Makan Daging Mentah, Orang-orang Ini Tubuhnya Digerogoti Cacing Pita

Makan Ikan MentahMakan Ikan Mentah Foto: Asia Wire/Ist

Baru-baru ini kasus serupa kembali terjadi di China. Seorang pria berusia 55 tahun dikabarkan hampir kehilangan nyawanya karena pola makannya. Dilansir dari India Times (23/07), pria yang identitasnya tidak disebutkan ini pergi ke rumah sakit First People di Hangzhou, China. Saat itu ia mengeluhkan sakit perut, diare, kehilangan nafsu makan hingga kelelahan. Gejala ini ia alami selama lebih dari 4 bulan.

Setelah ditelusuri oleh dokter, mereka terkejut menemukan bahwa bagian kiri dari hati atau liver pria itu dipenuhi dengan kantung nanah sepanjang 19 cm. Ditambah kantung nanah itu sangat besar karena lebarnya mencapai 18 cm. Di mana rata-rata lebar hati manusia mencapai 20 cm saja.

Tak hanya di sana, dokter juga menemukan adanya tumor yang mulai tumbuh di dinding kantung nanah tersebut. Mereka pun melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan akhirnya pria itu didiagnosa mengidap Clonorchiasis.

Makan Ikan MentahMakan Ikan Mentah Foto: Asia Wire/Ist

Penyakit yang satu ini menyebar dari konsumsi ikan tawar yang dimasak kurang matang atau dimakan secara mentah. Parasit dari ikan tawar akan menyerang bagian hati manusia. Infeksi yang dialami pria itu juga disebabkan oleh flatworms atau cacing pipih yang jadi parasit di ikan tawar.

Untuk menyelamatkan nyawanya, para dokter harus mengeluarkan cairan nanah itu dari hatinya. Hal ini membuat ukuran hatinya tinggal setengah saja.

Tapi karena kondisi kesehatannya tak kunjung membaik, tumor di hatinya tetap tumbuh setelah operasi pertama. Akhirnya dokter tak punya pilihan lain, selain mengangkat bagian hati yang sudah terinfeksi. Mereka menemukan benjolan yang mirip seperti telur dan beberapa jaringan yang sudah mati.

Makan Ikan MentahMakan Ikan Mentah Foto: Asia Wire/Ist

Pria tersebut akhirnya memberi tahu bahwa sebelum kejadian ia sempat menyantap ikan mentah, atau ikan setengah matang. Dokter semakin yakin bahwa infeksi di hatinya ini disebabkan oleh cacing pipih yang kemudian menetaskan telur di hati pria tersebut.

Sebelumnya seorang wanita asal Tokyo terkejut saat menemukan cacing panjang di bagian dalam mulutnya. Wanita ini mengaku bahwa dia gemar menyantap ikan mentah seperti sashimi. Cacing tersebut diduga kuat berasal dari sashimi yang disantapnya.

Baca Juga: Hi..! Makan Sashimi, Wanita Ini Temukan Cacing Hidup Di Mulutnya



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)