Viral Klepon 'Tidak Islami', Mending Jajan Klepon Enak di Jogja

Kristina - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 16:00 WIB
Penjual klepon Jogja Foto: Kristina/dok. detikcom
Yogyakarta -

Tudingan klepon 'tidak islami' tak membuat jajanan tradisional ini surut penggemar. Saat di Jogja, coba jajan klepon enak di sini.

Klepon ramai dibicarakan di media sosial karena dituding sebagai jajanan tidak islami. Tidak jelas mengapa klaim 'tidak islami' dilabeli pada jajanan berbahan tepung beras dan gula merah ini.

Cerita bermula saat flyer berisi foto klepon dalam wadah viral di Twitter. Pada flyer itu terdapat tulisan, "Kue klepon tidak Islami. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak Islami dengan cara memberi jajanan Islami. Aneka kurma yang tersedia di toko Syariah kamu".

Penelusuran lebih lanjut menemukan kalau foto klepon dalam flyer itu adalah milik Food Photographer Dita W.Ichwandardi yang diambil tanpa izin. Lalu nama 'Abu Ikhwan Aziz' yang tercantum pada flyer juga tidak ada.

Penjual klepon JogjaPenjual klepon Jogja Foto: Kristina/dok. detikcom

Meski ramai dibicarakan karena konteks negatif, klepon tetap menarik minat penikmatnya. Klepon banyak dijajakan di berbagai pelosok Jawa termasuk di Jogja.

Pada sore hari tak sulit menemukan penjual klepon enak di Jogja. Makanan yang berhahan dasar beras ketan ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur kenyal. Berbentuk bola-bola kecil berwarna-warni namun warna hijau lebih mendominasi di pasaran. Biasanya disajikan dengan parutan kelapa.

Untuk mencicipi jajanan manis satu ini tidaklah sulit. Cukup datang ke lokasi berikut dan pastikan datang tepat waktu agar tidak sampai kehabisan.

1. Klepon Depan Gardena

Klepon, onde-onde, cenil, lopis bisa didapatkan disini mulai pukul 15.00 WIB. Berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo, Gondokusuman. Dari arah timur akan nampak penjual dengan gerobak birunya persis berada di depan Gardena. Selain banyak varian jajanan, penjual juga ramah dan cekatan dalam melayani para pembelinya. Sekitar jam 17.00 klepon depan Gardena akan ramai diserbu pembeli.

Pedagang klepon di YogyaPedagang klepon di Yogya Foto: Pedagang klepon di Yogya (Kristina/detikcom)

2. Klepon Pasar Ngasem

Jika berada di lokasi Keraton, tak ada salahnya mampir ke Pasar Ngasem. Tepat berada di pertigaan pasar, akan terlihat penjual makanan Tempoe Doloe dengan gerobaknya. Terdapat aneka menu seperti klepon, lopis, gethuk lindri, dan cenil. Buka mulai dari jam 14.00 WIB.

3. Klepon Malioboro

Pedagang makanan banyak ditemui di sepanjang kawasan Malioboro. Tak ketinggalan klepon. Tepat di depan pasar Bringharjo, terdapat Onde-onde Pak Djadi yang menjual klepon, lumpia, puthu, dan cenil. Buka setiap sore mulai dari jam 16.00 WIB. Semakin malam, semakin banyak pula para pembeli.

Penjual klepon di Malioboro YogyaPenjual klepon di Malioboro Yogya Foto: Penjual klepon di Malioboro Yogya (Kristina/detikcom)

4. Klepon Pasar Kotagede

Mulai pukul 16.00 WIB, pasar Kotagede terlihat ramai kembali setelah tutup pada siang hari. Banyak penjual makanan yang berjajar tepat di depan pasar dengan berbagai menu. Salah satunya adalah klepon. Ditemani puthu, cenil, dan lupis kuliner tradisional Jawa ini buka hingga malam hari. Harga klepon Rp500 sementara jajanan pasar lainnya kisaran Rp 2.500- Rp 3.000.



Simak Video "Viral Klepon Tidak Islami, Pedagang Klepon: dari Mananya?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)