11 Makanan Khas Sumatera Barat, Lamak Bana dan Bikin Ketagihan!

Tim detikFood - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 11:30 WIB
- Foto: Istimewa/11 Makanan Khas Sumatera Barat, Lamak Bana dan Bikin Ketagihan!
Jakarta -

Sumatera Barat merupakan gudangnya makanan enak selain Bandung. Makanan dari kawasan ini terkenal dengan santan kental serta bumbu rempah yang membuat cita rasanya jadi lezat dan bikin ketagihan.

Apalagi baru-baru ini chef ternama Gordon Ramsay viral karena memasak rendang pada acara National Geographic Uncharted, yang tayang pada Senin (29/6/2020) lalu. Dalam program tersebut Ramsay didampingi pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

Ciri khas makanan khas Sumatera Barat selain santan yakni rasanya yang pedas. Rasa pedasnya berasal dari sambal merah dan sambal hijau.

Berikut makanan khas Sumatera Barat:


1. Rendang

-- Foto: Istimewa

Makanan ini terbuat dari daging sapi dengan bumbu rempah yang melimpah. Makanan ini sangat lama membuatnya. Agar rasanya meresap, semua bumbu dan potongan daging dicampur menjadi satu dan terus diaduk sampai matang dan bumbu kering serta berwarna hitam. Apalagi dimakan dengan nasi hangat, rasa rendang yang gurih nan pedas, lamak bana!

Rendang kini semakin terkenal sampai ke mancanegara. Makanan ini masuk dalam World's 50 Most Delicious Food dari CNN pada tahun 2011. Rendang dapat ditemukan di seluruh rumah makan Padang.


2. Sate Padang

sate padangsate padang Foto: Instagram

Sate Padang merupakan salah satu makanan khas sumatera barat. Makanan bisa kamu temui di kota selain Padang. Daging Sate Padang menggunakan daging sapi. Ada juga yang menggunakan lidah sapi.

Yang khas dari makanan ini yakni menggunakan kuah yang sangat kental dan berwarna kuning. Apalagi dimakannya dengan menggunakan lontong.


3. Gajeboh

Makanan ini ditujukan untuk pecinta gajih atau lemak. Gajeboh disebut juga sandung lamur. Bahan utama pembuatannya adalah daging sapi pada bagian punuk, sehingga biasanya akan terdapat banyak gajih atau lemak.

Gajeboh juga memiliki kuah seperti gulai. Namun kuah yang digunakan adalah asam padeh dan tanpa santan. Rasa Gajeboh tentu saja gurih dan pedas. Makanan ini tidak disarankan untuk penderita kolesterol tinggi.

4. Gulai Paku

katupek gulai paku untuk sarapankatupek gulai paku untuk sarapan Foto: Instagram

Bahan utama pembuatan gulai paku yakni tanaman paku atau pakis. Jenis yang digunakan adalah semanggi, ostrich fern, dan bracken. Makanan khas Sumatera Barat ini sama dengan gulai Padang lainnya.

Gulai Paku memiliki bumbu dari cabai rawit, lengkuas, asam kandis, kunyit, serai, dan daun jeruk. Masakan gurih ini semakin gurih jika ditambah ikan asin jambal, udang, ikan teri dan disantap bersama dengan telur rebus atau ketupat.

5. Dendeng Balado

dendeng baladodendeng balado Foto: detikFood

Dendeng adalah makanan khas Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi yang dikeringkan. Irisan kecil daging sapi dibuat kecil-kecil dan dikeringkan. Sesuai namanya dendeng balado diberi bumbu balado. Rasa enak dari dendeng akan berpadu dengan pedasnya balado.


Selain Dendeng Balado, dikenal juga Dendeng Batokok. Perbedaannya yakni untuk batokok digunakan cabai hijau, sedangkan balado menggunakan cabai merah.

6. Ayam Pop

Ayam Pop, a popular chicken dish from Minangkabau, Padang, West Sumatra. The chicken is braised in coconut milk and spices; then only lightly fried. It is served with a special spicy paste of red chili peppers, tomatoes, and broad beans. The chicken pieces are arranged on rectangular wooden serving block that has been lined with a broad green leaf. On the other end is the chili paste. Some chili peppers are scattered on the tray. Some green vegetables of cassava leaves, lettuce and cucumber slices are also served along the chicken dish. A wooden plate with two matching wooden cutleries are placed next to the tray.Ayam Pop, a popular chicken dish from Minangkabau, Padang, West Sumatra. The chicken is braised in coconut milk and spices; then only lightly fried. It is served with a special spicy paste of red chili peppers, tomatoes, and broad beans. The chicken pieces are arranged on rectangular wooden serving block that has been lined with a broad green leaf. On the other end is the chili paste. Some chili peppers are scattered on the tray. Some green vegetables of cassava leaves, lettuce and cucumber slices are also served along the chicken dish. A wooden plate with two matching wooden cutleries are placed next to the tray. Foto: iStock

Makanan khas Sumatera Barat berikutnya yakni Ayam Pop. Makanan ini terbuat dari ayam kampung, lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam, garam, dan jeruk nipis, ditambah santan. Yang paling khas dari makanan ini yakni ditambah sambal cabai merah.

Biasanya yang disajikan pada restoran Padang yakni bagian paha dan dada. Makanan ini enak dimakan dengan nasi hangat.


7. Gulai Itiak

Menu makanan khas Sumatera Barat lainnya yakni Gulai Itik. Makanan ini terbuat dari bebek muda dan cacahan cabai hijau. Alasan menggunakan bebek muda karena bebek itu berusia sekitar 6 bulan dan teksturnya empuk.

Lalu Gulai Itik akan dihilangkan isi perut dan bulunya. Kemudian dimasak dengan bumbu kaya rempah seperti kunyit, lengkuas, bawang putih, cabai hijau, dan bawang merah. Untuk memasaknya bisa mencapai sehari satu malam agar bumbunya meresap dan dagingnya semakin lunak.


8. Soto Padang

Soto Padang, the traditional beef jerky soup from Padang, West Sumatra. Crispy beef jerky with potato patty and glass noodles served in clear, spicy beef broth. Accompanied with pink tapioca crackers. The soup is plated in a ceramic bowl and placed on a plate lined with banana leaf. A set of rustic cutlery is placed on the plate.Soto Padang, the traditional beef jerky soup from Padang, West Sumatra. Crispy beef jerky with potato patty and glass noodles served in clear, spicy beef broth. Accompanied with pink tapioca crackers. The soup is plated in a ceramic bowl and placed on a plate lined with banana leaf. A set of rustic cutlery is placed on the plate. Foto: iStock

Soto Padang memiliki bahan berupa daging sapi, bihun, perkedel kentang, dan kuah berkaldu sapi. Daging sapidigoreng kering dan dipotong kecil-kecil seperti dendeng.

Rasa masakan khas Sumatera Barat ini gurih dan segar saat disajikan hangat-hangat. Ditambah lagi nasi atau ketupat serta kerupuk warna pink khas Padang.

Sesudah makan yang berat-berat, Sumatera Barat juga memiliki makanan camilan yang enak dan gurih. Berikut makanan khasnya:

9. Pinyaram

Makanan khas Sumatera Barat ini mirip kue cucur dari Betawi. Bahan dari tepung beras dan santan ini biasanya disajikan untuk santapan buka puasa Ramadhan atau acara pernikahan. Rasanya yang sangat manis dan empuk sangat cocok dimakan dengan teh atau kopi. Bahkan makanan ini sudah terkenal hingga negara tetangga seperti Malaysia.

Pinyaram terutama terbagi menjadi dua varian, yakni pinyaram putih yang terbuat dari beras putih, dan pinyaram hitam yang terbuat dari beras hitam. Mengenai rasa, pinyaram bisa divariasikan dengan berbagai rasa seperti pisang, durian, dan sebagainya.


10. Keripik Sanjai

Dari sekian banyak pilihan kuliner khas, karupuak sanjai mungkin layak menjadi pilihan utama untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Bukittinggi.Dari sekian banyak pilihan kuliner khas, karupuak sanjai mungkin layak menjadi pilihan utama untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Bukittinggi. Foto: Dikhy Sasra

Keripik Sanjai merupakan makanan khas Sumatera Barat yang sudah terkenal. Makanan ini biasa dibawa untuk oleh-oleh. Keripik terbuat dari singkong dengan rasa pedas dan manis.

Rasa pedas pada keripik sanjai ini karena telah diberi bumbu balado berwarna merah. Bumbu Keripik Sanjai sangat khas yakni berupa saus yang dioleskan ke keripik lalu dikeringkan. Bikin ketagihan saat makan keripik ini.


11. Galamai

Galamai merupakan makanan khas Sumatera Barat yang sangat populer seperti di Payakumbuh, Pariaman, Pasaman, dan Solok. Makanan yang disebut kalamai ini terbuat dari tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah.

Galamai mirip dengan dodol atau jenang. Bedanya yakni taburan kacang tanah yang menghiasi galamai. Cara memasaknya tidak berbeda jauh dengan dodol biasanya. Makanan itu harus diaduk selama sekitar 3-4 jam.



Simak Video "Mencicipi Bola-bola Rendang Lokan yang Mirip Takoyaki"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)