Ramai Klepon 'Tidak Islami', Bule-bule Ini Justru Ketagihan Klepon!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 22 Jul 2020 16:00 WIB
Ramai Klepon Tidak Islami, Bule-bule Ini Justru Ketagihan Klepon! Foto: YouTube BNay Channel
Jakarta -

Klepon 'tidak islami' masih jadi perbincangan netizen. Terlepas dari itu, jajanan tradisional ini berhasil memikat selera orang asing dari banyak negara.

Isu klepon 'tidak islami' viral di Twitter. Berawal dari unggahan sebuah flyer yang memperlihatkan foto klepon di dalam wadah. Flyer itu dibubuhi tulisan, "Kue klepon tidak Islami. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak Islami dengan cara memberi jajanan Islami. Aneka kurma yang tersedia di toko Syariah kamu".

Flyer ini seperti dibuat untuk tujuan promosi. Tertulis pula keterangan nama Abu Ikhwan Aziz. Tak jelas siapa sosok tersebut, apakah nama orang atau nama toko. Penelusuran lebih lanjut menemukan sejumlah kejanggalan flyer klepon "tidak islami."

Foto yang dipakai rupanya diambil tanpa izin dari Food Photographer Dita W.Ichwandardi. Lalu soal nama 'Abu Ikhwan Aziz', Ismail Fahmi selaku Founder Drone Emprit (DE) mengaku tidak bisa menemukan nama tersebut.

Baca Juga: Klepon 'Tidak Islami', Ini Kisah di Balik Foto Klepon yang Viral

Terlepas dari isu liar ini, klepon faktanya adalah jajanan tradisional favorit banyak orang. Bukan hanya orang Indonesia saja yang doyan klepon, orang asing di berbagai negara juga menggemari klepon.

detikFood merangkum bukti orang asing 'kecantol' nikmatnya klepon:

1. Bule Ukraina makan klepon di pinggir jalan

Ramai Klepon 'Tidak Islami', Bule-bule Ini Justru Ketagihan Klepon!Ramai Klepon 'Tidak Islami', Bule-bule Ini Justru Ketagihan Klepon! Foto: YouTube

Inna adalah bule Ukraina yang menikah dengan Galang, pria asal Magelang, Jawa Tengah. Di Bali, Inna dan Galang menikmati kunjungannya ke Tanah Lot pada September 2019.

Ternyata tujuan utama mereka ke Tanah Lot bukan untuk wisata, melainkan cari klepon. "Karena di daerah Tanah Lot inilah banyak penjual klepon yang masih natural..alias tanpa pewarna ..," kata sang suami di channel YouTube Galang & Inna TV. Akhirnya ia mengajak Inna makan klepon yang dijual di pinggir jalan.

Inna tak segan duduk di trotoar. Lalu saat mencicipinya untuk pertama kali, Inna bilang, "Hmmm enak! Aku suka." Klepon itupun habis dalam waktu sebentar saja. Inna bahkan sampai nambah lagi saking sukanya dengan klepon. "Tidak terlalu manis, enak sekali yo," kata Inna.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Viral Klepon Tidak Islami, Pedagang Klepon: dari Mananya?"
[Gambas:Video 20detik]