Nelayan Ini Butuh 7 Jam Untuk Menarik Ikan Tuna Seberat 300 Kilogram

Devi Setya - detikFood Minggu, 19 Jul 2020 11:31 WIB
memancing ikan tuna Foto: istimewa/CNN
Jakarta -

Para nelayan ini dapat rejeki nomplok, mereka berhasil menangkap ikan tuna besar seberat 300 kilogram. Setidaknya butuh waktu 7 jam untuk menarik ikan tuna ini.

Dilansir dari Yahoo! (19/7) tiga orang nelayan muda berhasil menangkap ikan tuna raksasa dengan bobot 700 pound atau setara 317 kilogram. Untuk menarik ikan ini dibutuhkan tenaga ekstra dan waktu yang tidak sebentar. Tiga nelayan ini membutuhkan waktu sekitar 7 jam untuk menarik ikan ke daratan.

Ikan tuna raksasa ini memiliki tenaga yang sangat kuat. Kapal para nelayan ini bahkan sempat terseret sejauh 10 mil. Nelayan muda berusia 17 tahun yang juga pemilik kapal, Wyatt Morse mengatakan ikan ini berhasil ditangkap di area lepas pantai Portland, Amerika Serikat.

"Kami tidak melihat wujud ikan ini selama 6 jam pertarungan. Ikan ini bertahan di dalam laut sambil terus berenang menarik kapal kami. Ikan ini sangat kuat, luar biasa," kata Morse.

memancing ikan tunamemancing ikan tuna Foto: istimewa/CNN

Baca juga : Keren! Aplikasi Ini Bisa Cek Kualitas Ikan Tuna Lewat Teknologi AI

Morse dan teman-temannya yakin kalau ikan yang ditangkap ini punya ukuran besar meskipun mereka belum melihatnya. "Saya mempelajari banyak hal soal ikan, dan saya sudah tahu, pertarungan ini akan berjalan lama," kata Morse.

Memancing ikan tuna adalah pekerjaan musim panas Morse, dan kadang-kadang ia akan pergi selama berhari-hari untuk melaut. Morse menangkap ikan ini pada 1 Juli, ikan raksasa ini ditangkap saat ia mengarungi laut dengan kapal barunya.

Rekan Morse, Griffin Buckwalter merekam video aksi penangkapan ikan tuna ini dan lantas mengunggahnya lewat Youtube. "Itu seperti tujuh jam kekacauan," kata Buckwalter. "Ikan itu selalu berusaha memutuskan tali pada kapal kami. Kami sama sekali tidak memiliki waktu istirahat selama 7 jam pertarungan."

Morse dan teman-temannya terkejut ketika mendapati ikan tuna ini di permukaan karena ukurannya sangat besar. "Ketika ikan itu keluar dari air, itu benar-benar gila. Saya tidak menyangka ikan akan sebesar itu," kata Morse.

memancing ikan tunamemancing ikan tuna Foto: istimewa/CNN

Baca juga : Seekor Ikan Tuna Bluefin Seberat 405 Kg Berhasil Dilelang Seharga Rp 4.4 Milliar

Ikan tuna ini terlalu besar untuk diangkut menggunakan kapal milik Morse, ia akhirnya meminta ayahnya menjemput dengan kapal yang jauh lebih besar. Ikan tuna jenis bluefin ini akhirnya berhasil diangkut ke daratan dan akan dijual ke perusahaan pengolahan ikan lokal seharga $2.000 (Rp 29 juta).

Hasil tangkapan ikan yang fantastis ini akhirnya membuat Morse dan kawan-kawannya merasa ketagihan untuk memancing. Alhasil mereka kini pergi memancing hampir setiap hari. "Ini membuat ketagihan, sekarang saya pergi ke laut 5 hari dalam seminggu. Menyenangkan," ujar Buckwalter

Ikan tuna jenis bluefin terkenal dengan harganya yang sangat tinggi. Di Jepang, lelang ikan tuna sudah jadi rutinitas. Awal tahun 2020 bahkan ada ikan tuna seberat 276 kilogram yang berhasil dilelang dengan harga Rp 24 miliar.



Simak Video "Bikin Laper: Uniknya Ikan Tuna Kuah Kelapa Muda Ala Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com