Inilah 3 Buku Masak Paling Tua di Indonesia

Devi Setya - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 19:30 WIB
buku masak tertua di Indonesia Foto: istimewa

3. Kitab Masak-masakan India (1902)

buku masak tertua di Indonesiabuku masak tertua di Indonesia Foto: istimewa

Buku masak tua ini digunakan para ibu rumah tangga zaman dulu sebagai panduan saat memasak makanan Indonesia. Penulisnya adalah Nonna Cornelia yang menyusun buku ini dalam bahasa Belanda dan Indonesia.

Buku ini diterbitkan pertama kali di Batavia pada 1902. Buku ini juga ditulis untuk 'handschoenenbruidjes', para wanita muda Belanda yang menikah dengan kolonial Belanda dan kemudian menetap di Indonesia. Cetakan kedua buku ini diterbitkan tahun 1911 dengan kata pengantar berbahasa Belanda.

Selain di Indonesia, buku ini juga ada di Malaysia dengan versi yang lebih sederhana. Kitab Masak-masakan India juga dikenal dengan sebutan Kokki Bitja. Buku ini berisi 163 resep masakan mulai dari olahan ayam, olahan babi, olahan ikan, daging sapi hingga manisan.

Dalam buku ini memuat resep ayam bakar Padang, kari kepiting, ikan mangut hingga wajik dan roti jawa. Buku resep ini terbilang lengkap karena memuat proses pemasakan secara rinci. Berdasarkan penelusuran, buku ini ada di Perpustakaan Nasional RI dan bisa dipinjam oleh masyarakat.

Baca juga : Jago Masak! 5 Artis Ini Terbitkan Buku Masak

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dvs/odi)