Inilah 3 Buku Masak Paling Tua di Indonesia

Devi Setya - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 19:30 WIB
buku masak tertua di Indonesia Foto: istimewa

2. The Home Book Of Indonesia Cookery
buku masak tertua di Indonesiabuku masak tertua di Indonesia Foto: istimewa


Berbeda dengan resep yang dibukukan oleh Julie Sutardjana, buku masak berjudul The Home Book Of Indonesia Cookery ditulis Sri Owen dalam bahasa Inggris. Wanita kelahiran Padang Panjang 1935 ini adalah penulis buku resep masakan Indonesia berbahasa Inggris pertama.

Wanita yang juga seorang guru masak ini sekarang sudah menulis 15 judul buku masak dan menyabet berbagai penghargaan. Buku pertamanya The Home Book Of Indonesia Cookery diterbitkan oleh Faber pada 1976. Buku masak ini menampilkan resep-resep masakan dari keluarga Sri Owen.

Resep dari nenek, ibu dan anggota keluarganya dicatat dengan rapi. Mulai dari sini Sri Owen jadi senang menulis buku masak, setiap bukunya ditulis dalam bahasa Inggris. Beberapa buku masaknya antara lain Indonesian Food and Cookery (1980), Indonesian and Thai Cookery (1988), Indonesian regional Food and Cookery serta Exotic Feast (1991).

Juni 2017 lalu, Sri Owen mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement Award pada Guild of Food Writers Awards di London atas dedikasinya terhadap penulisan resep masakan. Kini Sri Owen menghabiskan masa tuanya di kawasan Wimbledon, London, Inggris.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3