Penjual Angkringan Cantik di Klaten Ini Jual Nasi Pindang Kemangi Enak

Achmad Syauqi - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 18:30 WIB
Penjual angkringan cantik Klaten tawarkan nasi pindang kemangi Foto: Achmad Syauqi/dok. detikcom
Jawa Tengah -

Di Klaten ada penjual angkringan cantik yang menarik perhatian. Ia menjajakan ragam menu khas angkringan dengan menu andalan nasi pindang kemangi.

Warung angkringan 31 di Jalan Rajawali 31 Bareng Kidul, Klaten Tengah, Klaten beberapa hari ini viral lantaran penjualnya gadis cantik, Daniella Ananda Setiawan (20). Ternyata selain penjualnya cantik, angkringan satu ini punya menu spesial, apa itu ?

"Yang paling diminati nasi pindang kemangi. Memang khasnya disini nasi pindang kemangi," ungkap Daniella Ananda Setiawan ditemui detikcom di warungnya, Kamis (16/7/2020) siang.

Daniella menjelaskan, nasi pindang kemangi itu awalnya hanya menu keluarga. Tapi kemudian ibunya mendapatkan pesanan dari kantor.

"Resepnya sendiri dari mama. Dulu ikanya pakai ikan salem tapi kemudian banyak pesanan dari kantor dan setelah usaha warung Hidangan Istimewa Kampung (HIK) baru dijual di warung," sambung penjual angkringan cantik ini.

Penjual angkringan cantik Klaten tawarkan nasi pindang kemangiPenjual angkringan cantik Klaten tawarkan nasi pindang kemangi Foto: Achmad Syauqi/dok. detikcom

Nasi pindang kemangi, imbuh Daniella, bentuknya di awal adalah dikepal membentuk bulatan. Tapi karena dijual di warung angkringan dikemas seperti nasi kucing.

"Dulunya dikepal dan dibakar. Ternyata dibungkus juga enak dan dijual di warung akhirnya dengan harganya Rp 2.500/ bungkus," imbuh Daniella.

Ayah Daniella, Nanda Saputro mengatakan dari awal usaha warung HIK menu andalannya memang nasi pindang kemangi. Menu nasi lainnya sama seperti warung HIK lain.

"Memang unit selling points pada nasi pindang kemangi. Lainnya sama, nasi langgi, nasi teri, nasi bandeng dan lainnya," ungkap Nanda pada detikcom di rumahnya.

Nanda mengaku sejak viral, jumlah peminat nasi pindang kemangi paling diminati. Dalam sehari ia bisa menjual 40 bungkus.

"Bisa dikatakan nasi pindang kemangi ini best seller disini. Ada yang borong satu orang 10 bungkus pernah katanya pesanan buat dibagi, kalau sehari nasi pindang kemangi saja bisa habis 40-50 porsi," lanjut Nanda.

Resepnya pun, imbuh Nanda tidak istimewa. Sebab resep itu hanya otak atik istrinya, Maya.

"Awal ya resepnya coba coba istri saya, tapi ternyata enak. Bahanya murah hanya ikan pindang yang matang, rempah, cabai lalu dicampur," pungkas Nanda.

Detik Food yang berkesempatan mencoba nasi pindang kemangi ala angkringan 31 membuktikan rasanya memang enak. Satu bungkus nasi pindang kemangi diberi alas daun pisang berisi nasi pulen dan pindang kemangi.

Penjual angkringan cantik Klaten tawarkan nasi pindang kemangiPenjual angkringan cantik Klaten tawarkan nasi pindang kemangi Foto: Achmad Syauqi/dok. detikcom

Selain nasi pindang, di daftar menu warung yang buka mulai pukul 09.00-15.00 WIB itu ada aneka menu nasi lain dan minuman. Ada nasi ayam kemangi, nasi langgi, nadi teri Lombok ijo, nasi oseng tempe, oseng kikil dan berbagai minuman.

Pindang kemangi isinya daging ikan laut yang dipotong kecil dengan campuran rempah, cabai merah, cabai hijau dan daun kemangi. Aroma sedap daun kemangi bercampur daging ikan dan cabai memunculkan rasa gurih pedas alami.

Oong, pembeli warga Klaten Utara mengatakan nasi pindang angkringan 31 ini memang istimewa. Tidak ada di angkringan lain.

"Nasi pindang ini tidak ada di angkringan lain. Rasanya kuat dan bikin puas karena bumbunya khas dan harganya murah," jelas Oong pada detikcom yang dibenarkan rekanya Redy.

Dikatakan Oong, dirinya tahu ada angkringan dengan menu nasi baru itu dari temannya. Setelah viral warung penjual angkringan cantik ini, ia mencoba datang.

"Saya tahu dari teman. Ternyata enak dan murah," pungkas Oong.



Simak Video "Bikin Laper: Kolaborasi Pasta dengan Buntut"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)