5 Tips Membuat Perkedel Tahu yang Gurih dan Mulus

Odilia WS - detikFood Jumat, 17 Jul 2020 11:00 WIB
Tips Perkedel Tahu Foto: iStock
Jakarta -

Perkedel tahu yang gurih mulus bisa jadi lauk atau camilan enak. Ikuti tips membuat perkedel tahu yang gurih krenyesnya bikin nagih.

Sesuai dengan namanya Perkedel Tahu merupakan olahan tahu putih yang dihaluskan, ditambah bumbu lalu digoreng hingga kering dan renyah. Biasa disajikan sebagai pendamping lauk utama atau sayuran. Bisa juga dijadikan camilan yang gurih.

Meskipun terlihat mudah, banyak yang belum sukses bikin perkedel tahu. Hasilnya tahu pecah atau berantakan saat digoreng atau tak bisa garing saat digoreng. Rasanya cenderung asam dan kurang gurih.

Agar sukses bikin perkedel tahu yang gurih mulus, coba perhatikan 5 tips berikut ini.

1. Pilih tahu putih yang tidak berair

Di pasaran banyak jenis tahu. Ada yang putih dan ada yang kuning. Ada juga yang dipotong segiempat 6 x 6 cm dan ada yang lebih besar berukuran 10 x 10 cm dan biasanya tebalnya sekitar 2 cm. Kualitas tahu menentukan rasa perkedel tahu.

Pilih tahu putih yang bagus kualitasnya. Aromanya segar, tekstur tahu halus, tidak berongga-rongga kecil dan jika ditekan cukup kokoh tetapi tidak keras. Biasanya tahu yang bagus harganya sedikit lebih mahal dan selalu baru atau segar.

Pabrik Tahu BandungTips Perkedel Tahu yang Gurih dan Mulus Foto: dok.detikFood/iStock

2. Tiriskan tahu putih

Agar tahan lama dan awet segarnya biasanya penjual tahu merendam tahu dalam air. Setelah dibeli dari pasar atau supermarket, keluarkan tahu dari kemasannya. Cuci di bawah air mengalir hingga semua lapisan yang agak berlendir larut. Selanjutnya tiriskan tahu putih.

Cara meniriskan yang mudah dengan menggunakan kain saringan. Bungkus tahu dengan kain saringan taruh di piring lalu tindih dengan benda yang berat seperti ulekan atau piring berisi pemberat. Cairan tahu akan keluar perlahan. Tahu harus benar-benar kering agar adonan perkedel tak jadi berair.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3