Hotman Paris Kunyah Daun Sirih untuk Cegah Corona, Netizen Soroti Manfaatnya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 11:00 WIB
Hotman Paris kunyah daun sirih untuk cegah Corona Foto: Instagram hotmanparisofficial
Jakarta -

Demi cegah virus Corona, Hotman Paris pilih kunyah daun sirih. Netizen lantas menyoroti manfaat lain daun sirih, termasuk untuk keputihan!

Pengacara kondang Hotman Paris kerap mengunggah video dan foto menarik, salah satunya soal upaya pencegahan virus Corona. Kemarin (15/7), Hotman membeberkan daun sirih adalah kuncinya.

"Hotman Paris coba lagi ramuan baru. Ada orang mengatakan kunyah daun sirih dan kuahnya masukkan ke kerongkongan, katanya bisa membunuh kuman. Itu hanya percobaan, karena tidak ada satupun yang pintar mengatasi Corona," kata Hotman yang nampak santai pakai baju handuk di rumahnya.

Hotman Paris kunyah daun sirih untuk cegah CoronaHotman Paris kunyah daun sirih untuk cegah Corona Foto: Instagram hotmanparisofficial

Baca Juga: Lebih Mahal dari Mobil, Hotman Paris Dapat 'Honor' Pisang hingga Ikan Arsik

Ia lantas mengunyah daun sirih perlahan hingga mengeluarkan air dan menelannya agar melewati kerongkongan. Hotman meyakini virus Corona ada di sana.

"Nyinyir? Silahkan! Tapi para top dokter di Amerika Serikat juga masih mencari obatnya corona!!," lanjut Hotman di laman keterangan video. Unggahannya ini mendapat banyak komentar netizen.

Salah satunya @ardianda_02 yang mengatakan praktik kunyah sirih atau nyirih bahkan sudah jadi budaya di Aceh. "Apa karena itu yaa Corona di Aceh ga separah di daerah lain ??," tanyanya.

Hotman Paris kunyah daun sirih untuk cegah CoronaHotman Paris kunyah daun sirih untuk cegah Corona Foto: Instagram hotmanparisofficial

Ada juga netizen wanita yang salah fokus dengan manfaat daun sirih. Daun ini memang terkenal sebagai obat ampuh untuk mengatasi keputihan.

"D rebus aja airnya baru d minum🤦🏻♀️🤦🏻♀️🤦🏻♀️buat obat keputihan hahahaha," sahut dwipratiwi081089. Hal ini juga ditimpali @anggie_veronica92, "Kesett bang kalo minum air rebusannya."

The betel or Piper betle in West Java, Indonesia. Betel leaf is mostly consumed in Asia, as betel quid or in paan, with Areca nut and/or tobacco.Daun sirih Foto: Getty Images/iStockphoto/JokoHarismoyo

Bukan tanpa alasan daun sirih populer di kalangan wanita untuk menghilangkan keputihan, daun ini bersifat antibakteri, antijamur, antioksidan, dan antiradang. Penggunaannya mudah karena tinggal merebus 3-4 lembar daun sirih lalu gunakan airnya yang sudah hangat untuk diminum atau dibasuhkan ke organ intim.

Segudang manfaat daun sirih lainnya juga tak perlu diragukan. Daun bernama 'betel leaf' dalam bahasa Inggris ini juga bisa menurunkan gula darah, kolesterol, menangkal kanker, sampai menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih: Penyembuh Luka Hingga Redakan Batuk



Simak Video "Parno Corona, Hotman Paris Masak Ulang Makanan yang Dibeli"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)