5 Fakta Talas Pratama, Talas Indonesia yang Bobotnya 8 Kilogram

Devi Setya - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 09:00 WIB
talas Foto: istimewa

4. Jenis-jenis talas

talastalas Foto: istimewa


Di Indonesia ada banyak jenis talas populer, seperti talas pandan, talas ketan, talas banteng dan talas lahun anak. Berbagai jenis talas ini bisa dengan mudah ditemui di pasaran.

Masing-masing jenis talas memiliki ciri khas dan keunggulan yang berbeda. Untuk talas pandan misalnya, jenis talas ini memiliki aroma harum pandan saat sudah direbus. Ada juga talas ketan yang teksturya lengket. Talas ketan tak lain adalah jenis talas Bogor yang banyak dijajakan sebagai oleh-oleh.

Ada juga talas banteng, jenis talas ini memiliki umbi yang besar namun soal rasa, talas ini kurang enak di makan dan agak pahit. Dan terakhir ada talas lahun anak yang ukurannya mungil-mungil.

5. Kandungan nutrisi talas dan manfaatnya


Di Indonesia, talas banyak diolah jadi keripik, campuran kue bolu, atau hanya diolah dengan cara direbus. Selain enak dan murah, talas punya segudang nutrisi yang dikandung.

Dalam 150 gram talas matang mengandung 150-200 kalori, 5-7 gram serat, 4 gram protein dan nutrisi lain seperti kalsium, kalium, dan fosfor. Talas juga mengandung vitamin c, vitamin B dan antioksidan.

Talas memiliki segudang manfaat kesehatan seperti menjaga kadar gula darah, mencegah penyakit jantung, menjaga kekuatan tulang dan gigi dan membantu menjaga berat badan.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Gurih Nikmat Soto Betawi Legendaris di Cawang"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)