5 Fakta Talas Pratama, Talas Indonesia yang Bobotnya 8 Kilogram

Devi Setya - detikFood Kamis, 16 Jul 2020 09:00 WIB
talas Foto: istimewa
Jakarta -

Talas terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Bogor. Tahukah kamu kalau Indonesia punya talas Pratama, talas unggulan yang bobot umbinya mencapai 8 kilogram.

Masyarakat Indonesia patut bangga karena tinggal di negara yang tanahnya subur. Berbagai tanaman bisa tumbuh subur di Indonesia, termasuk tanaman talas. Umbi talas cukup populer dijadikan olahan talas rebus atau keripik talas.

Dari banyaknya jenis talas yang tumbuh di Indonesia, ada talas unggulan yang dikembangkan oleh tiga orang ilmuwan IPB. Talas ini dikenal dengan sebutan talas Pratama yang terkenal punya ukuran besar serta rasanya empuk enak.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut fakta unik seputar talas Pratama.

Baca juga : Bosan Sarapan Nasi? Sekali-sekali Sarapan Talas Kukus yang Kaya Nutrisi

1. Talas merupakan umbi asli Indonesia

talastalas Foto: istimewa


Talas yang memiliki nama latin Colocasia esculenta L merupakan tanaman asli Indonesia. Talas banyak tubuh di Asia Tenggara dan Asia Tengah bagian selatan. Kabarnya, talas sudah dibudidayakan sejak zaman manusia purba.

Talas dipercaya jadi makanan pokok sebelum padi ditemukan oleh manusia purba. Di beberapa daerah di Indonesia, talas bahkan jadi makanan pokok. Talas bisa disebut sebagai tanaman yang mampu tumbuh di berbagai daerah dan bisa bertahan dalam berbagai kondisi alam.

Talas punya banyak sebutan di Indonesia, secara umum disebut talas namun ada juga yang menyebut keladi, tale, taro, talos, taleus, janawari hingga yefam. Dalam bahasa Inggris, talas disebut sebagai taro.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Ragam Bakmi Pedas Berpenampilan Memesona"
[Gambas:Video 20detik]